Thursday, July 30, 2015

Hydrotest KP Ancol

Fase Hydrotest KP-Ancol

Idrus (Spv), Witarso (Mgr Procurement), Ikhmah MP (QC) dan Desri (Mgr QC)
di Lokasi fase Hydrotest KP-Ancol 29-30 Juli 2015
 A. Kamil Rosyad (Jr. Spv. KSO-HMP) & Crew Hydrotest
 di Lokasi fase Hydrotest  KP-Ancol 29-30 Juli 2015
Setelah HDD sukses sebelum lebaran tanggal 13-14 Juli 2015 by PT. Ardhinusa, maka tanggal 29 dimulai Clearing & Gauging (pre-Fase hydrotest KP-Ancol) yang dilaksanakan oleh sub-cont. Proses Clearing & Gauging tanggal 29 Juli kemaren, dilakukan untuk memastikan tidak adanya kotoran/sampah di dalam pipa, juga untuk memastikan string pipa yang telah ter-joint tidak ada yang danes (rusak) aatau oval. Pekerjaan Clearing menggunakan air yang digelontorkan dari entry point hngga ke exit. Sedangkan pekerjaan Gauging menggunakan material Biddy Pig yang diluncurkan dengan dorongan kekuatan angin. Gauging Plate kali ini menggunakan tekanan angin 14 Psi.

Sebenarnya ada beberapa jenis material dalam pekerjaan Gauging ini selain Biddy Pig, yakni inteligent pig, callibrasi pig dan foam pig. Di Indonesia lazim menggunakan Biddy pig, karena sudah mampu merefresentasikan hasil pekerjaan yang diinginkan. Sedangkan Intelligent Pig adalah jarang dilakukan, bahkan belum pernah dilakukan di proyek-proyek pipeline di Indonesia. Dalam proses pekerjaan Cleaning & Gauging dalam Fase Hydrotest KP-Ancol tersebut hadir Manager Procurement KSO-HMP (bpk H. Witarso), Manager QC KSO-HMP (bpk. Desri) dan Manager HSE KSO-HMP (bpk. Dolfie Lasut W).

Crew PMC: bpk Akin, bpk Aprianto, dan bpk Ikhmah 
MP (QC KSO-HMP) sedang mengecek biddy pig
 setelah usai Gauging
Keesokan harinya yakni Kamis 30 Juli 2015, dilakukan proses pekerjaan filling water dan pre-test yang dilanjutkan dengan fase Hydrotest KP-Ancol dengan tekanan 840 Psi dan holding time 24 jam. Pekerjaan Filling Water menghabiskan 7 tangki air berkapasitas @ 23 M3/tangki. Hingga laporan ini diturunkan proses fase hydrotest KP-Ancol masih berlangsung dan drencanakan hingga pukul 11.00 WIB jumat 31 Juli 2015 besok. Baca pula staff project control KSo-HMP di blog ini.

No comments: