Tuesday, March 1, 2016

Survey Bersama Planning HDD (Horizontal Directional Drilling)

Survey Bersama Planning HDD dalam Proyek Muara Karang Gas

Survey Bersama Planning HDD
Meski diguyur gerimis hujan sejak pagi hingga sore hari, namun tidak menyurutkan niat untuk melakukan survey bersama planning HDD. Survey Bersama Planning HDD dilakukan oleh Pertagas, PMC & KSO-HMP. Survey bersama dimulai di lokasi HDD kali Besar Jl Tongkol yang saat ini sedang dikerjakan hingga ke arah Lodan (Depan UBM) dan Jl Parangtritis.



Dalam survey bersama Planning HDD, Pertagas diwakili oleh bpk Supriyono, PMC diwakili oleh bpk Sofyan dan KSO-HMP diwakili oleh bpk Pram & bpk Ali Akbar (Engineering) dan A. Kamil Rosyad (Jr Spv). Titik demi titik yang akan dilalui oleh HDD Kali Besar-Pakin, HDD Ciliwung Lama dan HDD Lodan dikaji ulang mengenai kendala, tantangan dan probability yang bisa dijadikan acuan bagi lancarnya HDD-HDD tersebut. Letak titik Entry dan exit HDD, panjang HDD, persiapan string, jalur koordinasi dan tingkat kesulitan setiap HDD dicoba dievaluasi secara detail sambil dilakukan pemotretan jalur oleh tim survey KSO-HMP (Muhammad Zaki & Iswanto).


HDD atau pengeboran horizontal adalah alternatif utama ketika ROW (Right Of Way) atau centre line dari jalur pipeline harus menghadapi sungai, bangunan, gunung dan bukit. Jalur pipeline MKMT (Muara Karang-Muara Tawar) tidak berhadapan dengan bukit dan gunung, melainkan berhadapan dengan sungai-sungai dan bangunan. HDD yang sudah dilaksanakan dan sukses adalah HDD Kali Blencong (kl. 1 KM), HDD BKT (Banjir Kanal Timur), HDD Plumpang, HDD Ancol, HDD Landmark, HDD Pluit laguna, HDD PJB dan HDD Cakung Drain dan HDD Sungai Begog.

Adapun sub-cont yang pernah dan sedang melaksanakan pekerjaan HDD adalah PT Ardinusa, PT Line Inter Cikara dan PT Titan yang saat ini sedang mengerjakan HDD Kali besar jl Tongkol.

No comments: