Friday, October 23, 2015

Pra-HDD KP-01 PJB (2)

Pra-HDD KP-01 PJB (2)

HSE Manager (Bpk Dolfie LW), Bpk Anto dan Jr. Spv KSO-HMP
Jumat pagi hingga siang, di lokasi Pra-HDD KP-01 PJB (2) berlangsung beberapa kegiatan meliputi: mobilisasi dan lokalisir Mixing Tank ke posisi yang tepat, berdampingan dengan mesin Vermeer D130 x 150 dan sejajar dengan tumpukan bentonite. Setelah itu, dilakukan setting dan posisi alat agar sinkron dengan titik koordinat Entry HDD, sehingga presisi dan ketepatan dalam melakukan pilot bore, reaming maupun pull back bisa tercipta. "Setting alat singkat saja, hanya menentukan orientasi dan arah mesin yang parallel dengan spot Entry HDD, pak Jacob nanti yang akan melakukan setting alat", ujar bpk Anto.

HSE MAnager KSo-HMP, Deputy Dir. PT. Line IC & Jr. Spv. KSO-HMP
"Skedul HDD PJB ini direncanakan 2 minggu selesai, mulai dari Pra-HDD KP-01 PJB(2), penetrasi pilot bore, penetrasi reaming 16", penetrasi 30", pull back yang diselingi dengan welding joint 2 string pipa sepanjang 330 meter", tukas bpk Harry Widayanto (Deputy Direkur Utama PT. Line Inter Cikara).

Bentonite digunakan sebagai pelumas jalannya mata bor dan laju string pipa agar lancar dan tidak ada hambatan. Selain itu, jika terjadi freak-out (melubernya lumpur bentonite), tidak menimbulkan polusi dan limbah berbahaya bagi lingkungan. Patut diketahui bahwa setiap penggunaan 3 sak bentonite @ 25 Kg dicampur dengan 3000 liter air sebagai takaran yang pas. Manager HSE KS0-HMP, bapak Dolfie Lasut Worotikan pada kesempatan tersebut melakukan inspeksi alat (equipments dan tools) dan monitoring kinerja Pra-HDD KP-01 PJB untuk meyakinkan sesuai dengan prosedur JSA (Job Safety Analysis). Rencana besok sabtu siang, akan mulai dilakukan pilot bore. Semoga semuanya bisa berjalan dengan sukses dan lancar. Jangan lupa baca juga postingan sebelumnya tentang Pra-HDD KP-01 PJB di website ini.
Post a Comment