Monday, October 26, 2015

HDD PJB KP-01 Muara Karang

HDD PJB KP-01 Muara Karang: Pilot Bore Ke-56 Tembus di Exit HDD

Bpk. Heru (direktur PT. Line IC), Sinaga dan crew (VermeerIndonesia), A. Kamil Rosyad (Jr. Spv. KSO-HMP)di Lokasi
HDD PJB KP-01 Muara Karang
Mr. Shamran Rojanawas (Operator Vermeer D130x150) 
diLokasi Entry HDD PJB KP-01 Muara Karang
Sejak pukul 09.00 WIB hari Minggu kemarin hingga berakhirnya permit pukul 19.00 WIB, proses penetrasi pilot bore telah mencapai 40 batang atau sekitar 240 meter. Jika panjang HDD PJB KP-01 Muara Karang itu sekitar 330 meter, maka sisanya adalah 90 meter atau 15 batang pilot bore akan tembus di lokasi exit HDD (seberang sungai). Info terkini di lapangan sampai dengan pukul 10.00 WIB hari Senin ini, pilot bore yang tersisa adalah 5 batang lagi atau sekitar 30 meter (1 batang pilot bore adalah 6 meter).

Pada saat awal penetrasi pilot bore HDD PJB KP-01 Muara Karang, semua pihak yang terkait mulai dari PMC (konsultan Pertagas), HSE KSO-HMP, Vermeer Indonesia dan
Sofyan (PMC), Arifin (HSE), Apriyanto (HSE PMC), Fery 
(QC KSO-HMP), A. Kamil Rosyad (Jr. Spv KSO-HMP),
Alfrits (Officer HSE KSO-HMP), Daeng Mangun (PK) di
Lokasi HDD PJB KP-01 Muara Karang
Direksi PT. Line Inter Cikara hadir di lokasi hingga sore hari. Dari PMC hadir antara lain: Bpk Sofyan (Construction Mgr), bpk Apriyanto (HSE Officer)dan bapak Octa (QC). Sedangkan dari KSO-HMP antara lain bapak Dolfie LW (HSE Manager), Alfrit Peterson (HSE Officer), Petrik Worang dan Arifin. Adapun dari Direksi PT. Line IC adalah bapak Harry Widayanto dan bpk Heru. Dari Vermeer Indonesia hadir bapak Sinaga dan crew-nya.

Berdasar infrormasi dari bapak Yacub (manager Construction PT. Line IC) bahwa pola penetrasi yang dilakukan adalah disesuaikan dengan kontur pipa yang sifatnya pejal yakni penetrasi secara horizontal step by step yang akan meminimalisir terjadinya tekukan atau bend yang ekstrem. Hal ini dimaksudkan agar HDD PJB KP-01 Muara Karang ini tidak terjadi stagnasi ketika pull back. Selain itu, teknik pull
Exit point HDD PJB KP-01 Muara Karang: Detik2 
munculnyaPilot Bore ke-56 (lihat air yang beriak)
back akan dilakukan pertama kali sepanjang 60 meter terlebih dahulu, lalu proses loading string pipa ke-2 sepanjang 60 meter disambung (welding) untuk memudahkan proses pull back selanjutnya. “Jika langkah pull back nanti string pipa pertama yang panjangnya 270 meter  ditarik secara full, dikhawatirkan proses pengelasan string 1 ke string 2 memakan waktu yang lama sekitar 4 jam (belum termasuk kalau ada repair), sedangkan string pipa yang masuk ke dalam tanah sudah terlanjur panjang, yang probabilitas untuk stagnasi cukup besar. Maka langkah ini saya ambil agar proses pull back nanti terbilang lancar”, uncap Yacub.  Prinsifnya, jika banyak teknik yang akan mampu memperlancar proses pull back, kenapa tidak dilakukan teknik yang paling kecil kemungkinanya untuk stagnasi.


Bpk Yacob/ baju jeans (Manager Operasional PT. Line IC) 
di Lokasi Entry HDD PJB KP-01 Muara Karang
Bapak Heru (Direkur Utama PT Line IC) dan bapak Harry Widayanto (Deputy Dir. PT. Line IC) mengharapkan agar HDD PJB KP-01 Muara karang ini bisa berjalan sesuai dengan timetable/skedul. Ternyata, hal itu terbukti, sekitar pukul 11.30 WIB pilot bore ke-56 tembus juga di lokasi exit HDD dengan lancer. Sampai berita ini diturunkan, pihak Direksi PT. Line Inter Cikara sedang mengadakan rapat internal untuk menentukan langkah selanjutnya, apakah mau langsung reaming 16” per hari ini atau keesokan harinya.  Semoga Tuhan memberkati, God Bless to All. baca juga postingan sebelumnya tentang Pra HDD KP-01 PJB (2).

No comments: