Thursday, October 6, 2016

Golden Joint welding After Swabbing Jr

Golden Joint Welding After Swabbing of hydrotest KP-15 MKMT Natural Gas Pipeline


Welder Yusni Taofiq & Maman Abdurahman dalam Golden Joint
After Swabbing KP-15 MKMT


Grinder Listiyono dan rekannya dalam Golden Joint
After Swabbing KP-15
Setelah proses swabbing of hydrotest KP-0 hingga KP-15 usai Rabu malam (05/10/2016), maka team konstruksi yang dikomandani Asep Sutisna Daryatmo (Construction Manager KSO-HMP) via Spv Subagyo malam itu juga bergerak di beberapa titik pekerjaan yang masih tersisa: KP-0 PJB Muara Karang (crew Jon dan crew Yulianto mengerjakan cutting pig launcher & golden joint by Welder Didi & Syahrul Efendi), KP-02 Taman Jokowi Pluit (Crew Wendi Junaery dengan pemasangan SBV welder Budi Pitoyo, bambang subandi dan Biarno), KP-09 Ancol Damkar ( Crew Octa dengan pemasangan SBV dan by pass connection by Welder Andre Sikumbang dan Sri Untung), KP-15 Plumpang Yos sudarso (crew Minto dengan cutting pig header dan golden joint welding after swabbing).

Egy Penetrant Test
Crew Minto selesai mengerjakan cutting pig header Kamis (06/10/2016) pagi hari, dilanjut dengan golden joint welding after swabbing sekitar pukul 09.30 WIB. Pipa sepanjang 15,20 meter mulai diturunkan oleh 2 excavator ke lubang galian, disambut oleh pipe fitter Slamet cs yang siap menyetelnya dengan ujung pipa existing. Setelah diperkirakan gap dan posisi pipa ready to weld, maka grinder Listiyono melakukan grinding dan 2 welder terbaik KSO-HMP yakni Maman Abdurahman & Yusni "Haiban Tsaqif" mulai melakukan take a weld di beberapa titik untuk memposisikan pipa statis dan agar external clamp bisa dilepas. Selanjutnya, tahapan demi tahapan mulai dari root, hot pass, filler 1-2-3, dan caving dilahap keduanya hingga berjalan sekitar 3 jam. Namun, setiap tahapan pengelasan (phase of welding) dilakukan penetrant test untuk mengecek pori-pori las-lasan dari kebocoran, crack, dsb (lihat artikel sebelumnya tentang penetrant test & Ultrasonic test). Petugas penetrant test adalah Egy dari PT. Globat Heatrindo Teknik.

Crew KSo-HMP dalam Golden Joint
After Swabbing KP-15
Welder Yusni & Jr. Spv.
Setelah jeda beberapa saat, crew konstruksi Minto mulai melakukan prepare titik pengelasan satu lagi dari golden joint after swabbing ini. Pemasangan sheet pile, pembuatan lobang tie-in, pemasangan lampu dan sekalian perapihan di seluruh lokasi untuk persiapan N2 Purging KP-0 ke KP-15 nantinya. Setelah ba`da Maghrib, welder Lusiman dan Rusmanta beraksi melakukan tahapan demi tahapan pengelasan hingga menjelang tengah malam diselingi dengan penetrant test.


Pengecekan Kualitas Udara

Pengecekan Kualitas udara by Lilut
dan Aldo
Bersamaan dengan pelaksanaan Golden joint after swabbing, di lokasi KP-15 Plumpang Yos Sudarso dilakukan pengecekan kualitas udara oleh PT. Multilab Utama dengan petugasnya Lilut dan Aldo. Menurutnya, setiap daerah ambient dan lokasi kerja yang padat menggunakan mesin-mesin, maka gas buangnya bisa mempengaruhi kualitas udara yang sehat. Pengecekan kualitas udara pertama dilakukan pada gas buang ke-4 welding machine dan 2 excavator di lokasi KP-15 ini. Tujuan Pengecekan kualitas udara ini untuk mengetahui pencemaran udara yang diakibatkan oleh gas buang equipments dan mengetahui kadar toleransi Sulfur Dioksida (SO2), Sulfur Trioksida (SO3) dan Carbondioksida (CO2). Alat pengukurnya adalah Air Quality Meter. jangan lupa baca postingan sebelumnya tentang Ceremonial N2 Purging di blog ini.
Post a Comment