Sunday, January 24, 2016

HDD Pluit Laguna

HDD Pluit Laguna PT Titan di Proyek Muara Karang Gas

Bpk Moses Winoto (PM PT Titan) & Jr. Spv KSO-HMP di Lokasi HDD Pluit Laguna
Michael (OM PT Titan) ,
 Arifin  & Jr Spv KSO-HMP 
Titan dalam mitologi Yunani adalah 12 penguasa bumi anak dari Uranus (Dewa Langit) dan Gaia (Dewi Bumi). Nama Titan di proyek MKMT (Muara karang-Muara Tawar) Pertamina Gas KSO-HMP menjadi sub-cont untuk mengebor bumi di bawah gedung dan sungai. PT Titan sebelumnya telah berhasil melakukan pengeboran bawah sungai (HDD: Horizontal Directional Drillling) Kali Opak bulan Desember yang lalu. Kini PT Titan dipercaya untuk mengerjakan HDD Pluit Laguna (KP-3+800) hingga Landmark Pluit (KP-04+50) sepanjang kl. 247 meter.

Project Manager PT Titan (bpk Moses) mengatakan bahwa planning sementara HDD Pluit Laguna adalah: Pilot bore (Kamis/21/01 hingga Sabtu/23/01), Reaming 12", 18", 24", 30" dan 36" (Sabtu/23/01 hingga Rabu/27/01), lalu dilanjut dengan Pull Back. "Semua itu rencana awal kami, namun jika ternyata lebih cepat dari rencana, kenapa tidak?. Hal itu tergantung dari situasi dan kondisi di lapangan", ujar bapak Moses optimis.


Supianto, Heru P, A. Kamil R, 
Calvin Kawulusan, Imam & Arifin 
Sejak prepare manpower, equipments dan mesin Vermeer D130x150 dilakukan Kamis (21/01) pagi, maka Kamis sore sekitar pukul 15.30 WIB mulai melakukan pilot bore di lokasi entry dan root terakhir muncul di lokasi exit Jumat (22/01) sekitar pukul 14.15 WIB. Jumlah root yang dibutuhkan adalah 41 buah @ 6 meter. Berhubung lokasi exit HDD harus diperlebar, maka diperlukan pemotongan (cutting concrete) beton setebal kl.25 cm seluas 15 x 10 meter dan selesai sekitar pukul 10.00 WIB hari Minggu (24/01). Hingga saat berita ini ditulis, proses reaming 24" HDD Pluit Laguna telah mencapai 12 batang root dari 42 batang seluruhnya.


Exit HDD Pluit Laguna
Pk Rahmat (Titan) dkk
Bapak Michael (Operasional Manager PT Titan) menjelaskan ketika ditanya kenapa untuk HDD Pluit Laguna adalah langsung reaming 24", tidak mulai dengan 12" dan 18" seperti yang direncanakan sebelumnya? "Kontur, tekstur dan struktur tanah di lokasi ini cukup kondusif dan diprediksi tidak akan runtuh ketika dilakukan pengeboran, maka kami ambil keputusan untuk memulai langsung dengan Reaming 24 inch", jelas bapak Michael sambil tersenyum.




Semoga kinerja PT Titan yang sudah diketahui rapih dari segi persiapan, pelaksanaan hingga finishing seperti HDD Kali Opak
beberapa waktu yang lalu, bisa meraih kesuksesan dan kelancaran dalam HDD Pluit Laguna-Landmark kali ini. Bpk Supianto (HSE PT Titan) menjelaskan bahwa penggunaan APD dan safety tools sudah menjadi kesadaran, bukan hanya sebatas kewajiban bagi semua crew HDD PT Titan selama ini. Selamat & Sukses bagi PT Titan. Jangan lupa baca pula postingan sebelumnya tentang TBM 18 Januari 2016 di website kita ini.


No comments: