A

Sunday, January 31, 2016

Pull Back HDD Pluit Laguna

Pull Back HDD Pluit Laguna di Proyek Muara Karang Gas

Team KSO-HMP & Team PT Titan 
Pull Back HDD Pluit Laguna: R32"
Sejak tembus cleaning pass 36" di lokasi entry HDD (Horizontal Directional Drilling) pukul 17. 00 WIB, maka secara serentak semua tim mulai mempersiapkan Pull Back HDD Pluit Laguna. Tim HDD PT Titan yang dikomandani oleh bapak Michael (Operational Manager PT Titan) mulai mempersiapkan dan menyambung reamer 32"
pada ujung root terakhir dan dikaitkan pada header string pertama. Sedangkan Tim KSO-HMP mempersiapkan posisi Excavator di ujung string 1 buah, di tengah 1 buah dan di ujung header string 1 buah. Selain itu team welder, team NDT dan team coating sudah siap bekerja sesuai dengan job-description masing-masing. Begitu juga team HSE PT Titan (bpk Supianto cs) dan Team KSO-HMP (bpk Dolfie LW cs) sudah standby menunggu saatnya Pull back HDD Pluit Laguna berlangsung. Tak lupa team construction KSO-HMP (Asep Sutisna Daryatmo) sudah pula mempersiapkan diri.

Team PT Titan dalam Pull Back
 HDD Pluit Laguna
Tepat pukul 20.00 WIB, proses Pull Back HDD Pluit Laguna (KP-03+800 s/d KP-04+50) dimulai. Ketiga exca sedikit demi sedikit mengangkat dan mendorong string pipa seirama dengan tarikan mesin Vermeer D130 x 150 di lokasi entry. String pipa pertama sepanjang kl 70 meter telah tembus dan menunggu disambung ke string pipa ke-2 oleh team fitter & welder KSO-HMP yakni: Handri Argon dan Rohman (welder) dan kawan-kawan. Selama kl. 2 jam proses welding berlangsung, maka dilanjut dengan proses NDT (Non-Desructive Test) yang dipimpin oleh mas Wendi Maizafery Cs. Setelah terbukti hasil x-ray bagus, maka team FJC/coating KSO-HMP (Husni, Sulfi, Paozi, Nanang) mulai melaminasi/membungkus sambungan dengan material coating berdasarkan prosuder Pertamina Gas.

Team Welder KSO-HMP
Sekitar pukul 03.00 WIB proses Pull Back HDD Pluit Laguna di atas berulang untuk string pipa ke-2 disambung dengan string pipa ke-3. Pada akhirnya pukul 10.00 WIB pengulangan proses terjadi pada string pipa ke-3 dengan ke-4. tepat pukul 12.00 WIB, string pipa ke-4 berhasil tembus dan menyisakan beberapa meter untuk pengerjaan penyambungan selanjutnya dengan pipa yang sudah terpasang ke arah KP besar. Patut diketahui bahwa setiap pengelasan (proses fitting & welding) string 1 ke string pipa lainnya menghabiskan waktu sekitar 2,5 jam, NDT sekitar 15 menit dan FJC (Field Joint Coating) sekitar 3/4 jam. Adapun proses penetrasi setiap pipa (6 meter) menghabiskan waktu sekitar 5 menit.

Crew KSO-HMP
Atas keberhasilan Pull Back HDD Pluit Laguna, maka seluruh team baik dari PT Titan sebagai sub-cont maupun team KSO-HMP sebagai Main-cont merasa puas dan bahagia. Hal ini berkat kinerja yang sangat profesional dan Berkat-Rahmat tuhan Yang Maha Esa. Selanjutnya, team survey KSO-HMP menuntaskan pekerjaan HDD Pluit laguna untuk menentukan As-built. jangan lupa baca pula postingan sebelumnya tentang Prepare Pull back HDD Pluit Laguna di website kita ini.
Post a Comment