A

Friday, January 29, 2016

Prepare Pull Back HDD Pluit Laguna

Prepare Pull Back HDD Pluit Laguna: PT Titan di Proyek Muara Karang Gas

Prepare Pull Back HDD 
Pluit Laguna
CM KSO HMP (bpk Asep Sutisna D)
 & Mr Menk Pt Titan

Meski lebih molor dari rencana dan skenario awal yakni Pull Back HDD Pluit Laguna akan dilakukan hari Rabu (27/01), namun tetap kinerja seluruh crew dan staff PT Titan patut diacungi jempol:Penuh semangat, rapih dan totalitas. Mr Menk sebagai Engineering Manager PT Titan asal Thailand mengatakan bahwa slowly but sure, pelan tapi pasi dan berhasil. Setelah dimulai dengan reamer 24" sebanyak 2 x, lalu dilanjut
dengan reamer 32" dan cleaning pass 32", maka hari jumat tadi (29/01) menginjak pada pekerjaan reamer 36" dan berlanjut dengan cleaning pass sebelum Pull back dilakukan.


Seperti diuraikan oleh bpk Michael (Opertion Mgr PT Titan) bahwa kendala yang ditemui adalah banyaknya sampah yang nyangkut di reamer sehingga berakibat ditariknya kembali proses reamer 24" dan 32" yang menyebabkan lambat. "bagi kami lebih baik lambat beberapa hari daripada stag di saat pull back nanti, Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk pekerjaan Pull Back HDD Pluit Laguna ini", ujar bpk Michael. Pada kesempatan tersebut, terlihat crew welding sedang melakukan fabrikasi penambahan daging pada mata bor 32' agar kendala sampah bisa tertanggulangi. Terbukti, reaming 32 bisa tembus pukul 02 siang jumat (29/01) yang dilanjut dengan cleaning pass dan reamer 36'. "Untuk cleaning pass terakhir, kami menggunakan launcher yang diisi dengan air yang digandeng reamer 36". Hal ini agar laju reamer lebih lancar dan sesuai dengan yang diharapkan", lanjut bpk Michael.

Rencana pull back akan dimulai Sabtu (30/01) malam besok. "Semoga Pull Back Pluit Laguna bisa berjalan mulus dan berhasil dengan memuaskan", kata bpk Asep Sutisna Daryatmo (Construction manager KSO-HMP) yang meninjau proses HDD di lokasi exit. Amiin.
Post a Comment