Friday, August 21, 2015

Cleaning & Gauging Plate KP-01

Cleaning & Gauging Plate KP-01 Pra-HDD

 A. Kamil Rosyad (jr. Spv) di lokasi Cleaning & Gauging plate KP-01
Denny, Solah, Yitno & Abdul Ghani
Setelah prepare sejak pagi kemarin tanggal 20 Agustus 2015, maka di malam harinya sekitar pukul 20.00 WIB dimulai proses Cleaning & Gauging Plate KP-01 ke-2 string pipa sepanjang kl. 320 meter. Langkah pertama adalah dengan memasukan biddi pig dan foam pig serta memasang Blind plangue di kedua ujung string pipa pertama setelah header/launcher dan receiver. Lalu tangki air dan angin  mulai masuk via valve pipa untuk segera di pressure dengan pompa, maka sekitar pukul 24.00 WIB biddy pig sampai di ujung pipa dengan membawa kotoran dan sampah yang terdapat dalam pipa yang sudah teronggok beberapa bulan. Suara dentuman keras dan semburan air terdengar dan terlihat di ujung receiver, namun tidak mengganggu masyarakat dan pengendara di sepanjang jalur pluit karena sudah ditahan dengan foam pig (busa bulat).

Kotoran & sampah hasil proses cleaning & Gauging Plate KP-0
Langkah selanjutnya adalah proses gauging plate untuk mengetahui dane atau ovalnya string pipa dengan pressure 26 psi, yang berakhir pada pukul 08 pagi. Begitu juga untuk string pipa kedua dilakukan hal yang sama pada pukul 16,00 WIB hari jumat 21 Agustus 2015 hingga berakhir pada pukul 18.00 untuk proses cleaning. Sedangkan proses gauging plate dimulai pada pukul 20.00 WIB. Menurut petugas cleaning & gauging plate, bahwa proses Cleaning & Gauging Plate KP-01 pada ke-2 string pipa di KP-01 ini termasuk lancar dan tidak menimbulkan gangguan bagi masyarakat sekitar. Hal ini berkat antisipasi dari seluruh crew Hydrotest yang menutup receiver di ujung pipa dengan terpal dan pemasangan foam pig, sehingga air yang menyembur dan dentuman suara biddi pig tidak terlalu heboh.

Jr. Spv (A. Kamil Rosyad)  rehat 
sejenak  di lokasi
 Cleaning & Gauging Plate KP-0
Jika tidak ada halangan, maka keesokan harinya akan dilaksanakan hydrotest dengan menggunakan air sebanyak 5 tangki kapasitas 23 M3. Semoga proses hydrotest bisa berjalan lancar dan tak terjadi kendala apapun. Jangan lupa baca juga postingan sebelumnya tentang Welding Mainline Perdana PT. Eltran Indonesia di blog ini.

No comments: