Tuesday, June 23, 2015

Cleaning & Gauging Plate

Cleaning & Gauging Plate (Pra-Hydrotest)

Cleaning & Gauging Plate (Pra-Hydrotest)
Setelah 2 string pipa sepanjang 370 meter masuk dan tertanam di bawah kali Cakung Drain oleh Tim HDD PT. Ardhinusa tanggal 17 Juni 2015. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan Cleaning & Gauging Plate untuk memastikan tak ada kotoran, material ataupun sambungan pipa yang high-low. Langkah dan proses Cleaning & Gauging Plate dilaksanakan tadi siang pukul 14.00 WIB hingga pukul 17,00 WIB oleh Tim subcont.

Proses Cleaning & Gauging Plate: Proses Cleaning adalah dengan memasukkan biddy Pig ke dalam header lalu kedua ujung pipa di lokasi entry dan exit ditutup dengan lempengan bulat (blind plangue) secara rapi dan tanpa kebocoran. Lalu digelontorkan air dengan mesin pressure pump dengan kekuatan 20 Psi via slang yang dihubungkan dengan host di ujung pipa (reducer). Maka biddy pig meluncur sepanjang alur pipa dan berhenti di ujung exit (receiver).

Sedangkan Gauging Plate langkahnya adalah identik dengan proses cleaning, namun ditambah disela-sela karet biddy pig disisipkan plate steell. Tujuannya adalah sama yakni untuk memastikan tak ada material yang tertinggal di dalam pipa. Kedua proses cleaning & gauging plate berlangsung dengan lancar. Insya Alloh, besok fase hydrotest akan dimulai untuk mengukur kekuatan pipa dan tak adanya kebocoran. Baca juga postingan sebelumnya tentang Pra Pull Back HDD Kali Sunter di blog kita ini.

No comments: