A

Wednesday, September 28, 2016

Hydrotest Pre-Comm Section IV

Hydrotest Pre-Comm Section IV: MKMT Project Gas Pipeline


QC Manager KSO-HMP (Desri Ghobah) dan QC PMC (Bambang)
dalam hydrotest Pre-Comm Section IV 
Engineering Manager KSO-HMP (Pram) dan Crews dalam
Hydrotest Pre-Comm Section IV
Hydrotest Pre-comm Section IV usai setelah dalam proses Swabbing, biddy pig dan 5 foam pig muncul di KP-23 KBN pagi pukul 06.47. WIB. Urutan Hydrotest Pre-Comm Section IV telah dilalui satu per satu mulai dari cleaning & gauging, filling water, hydrotest (holding test 24 jam), dewatering dan swabbing, meski dalam proses dewatering ada kendala non-teknis di luar skenario yang telah ditentukan. Kendala itu terjadi karena seal biddy pig menghalangi lubang angin keluar setelah sebelumnya seluruh air termuntahkan keluar. Hal yang paling urgent dalam hydrotest pre-comm section IV ini adalah proses holding test 24 jam, Pressure pump menekan hingga 900 Psi dalam rentang waktu 24 jam, dengan tujuan  untuk mengetest dan mengetahui sampai sejauhmana ketahanan pipa sepanjang 7 KM dari KP-23 KBN hingga KP-30 Muara Tawar.



Koordinator Farrel Internusa Pratama (Anang Sahari)
dalam Hydrotest Pre-Comm Section IV
Menurut QC Manager KSO-HMP, bpk Desri Ghobah  tujuan hydrotest atau hydrostatic test adalah untuk menguji integritas dan kekuatan material pipa gas yang telah terpasang dari kebocoran sekecil apapun dengan menggunakan air sebagai medianya. "Seandainya terjadi kebocoran pada pipa yang telah terpasang, maka harus dimasukan intelegent pig untuk mendeteksi letak dan posisi kebocoran tersebut", timpal bpk Pram, Engineering Manager KSO-HMP yang didampingi oleh QC PMC (Bpk Bambang) dan Koordinator Farrel Internusa Pratama (bpk. Anang Sahari).

Entry Hydrotest Pre-Comm Section IV Muara Karang
Hal yang menarik dari Hydrotest Pre-comm Section IV ini adalah tingkat akurasi dan ketelitian dalam mengukur dan menentukan pressure saat holding time, leak test dan release pressure setiap 75%, 50%, 25% hingga bisa dilakukan dewatering pada pressure 0%.

Hydrotest Pre-Comm Section IV ini mendapat kunjungan kehormatan dari Project Manager KSO-HMP, bpk Dody Dewanto dan manager KSO-HMP lannya. Jangan lupa baca pula postingan sebelumnya tentang Hydrotest Section I After Pullback KP-15 Plumpang di blog ini.
Post a Comment