Wednesday, September 7, 2016

Swabbing External

Swabbing External: Fase Akhir Hydrotest Section III Plumpang-KBN KP-15 s/d KP-23

Bpk Agung (QC Manager Pertagas)
sedang inspect di lokasi Swabbing
Joko PMC sedang
memberi arahan
Setelah selesai Swabbing Internal Selasa (05/09/2016), maka esoknya Rabu PT. Bening Tunggal Mandiri melanjutkan fase hydrotest section III yakni Swabbing External. Tahapan Swabbing External adalah sama dengan tahapan Swabbing Internal. Adapun perbedaannya adalah jika Swabbing Internal tidak disaksikan oleh QC KSO-HMP dan QC PMC (konsultan Pertamina Gas) karena bersifat intern atau uji coba. Sedangkan Swabbing External disaksikan (witness) oleh QC KSO-HMP dan QC PMC selain crew HSE dan project control. Bahkan sebelum dilaksanakan Swabbing External, QC Manager Pertamina Gas yakni bpk Agung Andrianto melakukan inspeksi layak-tidaknya seluruh komponen yang dipergunakan dalam Swabbing external tersebut, seperti: foam/sponge pig, poly pig, pressure pump/compressor dan header launcher.

Tepat pukul 14.00 WIB Swabbing External dimulai, Tim PT. Bening Tunggal Mandiri yang dipimpin oleh Hamdani dan Thomas melakukan penimbangan dan penamaan atas 5 foam pig/sponge pig dan diukur tinggi serta diameternya. QC KSO-HMP yakni Indra dan Dani, QC PMC (Joko Subangkit), staff project control (Sunaryo), crew HSE (Ventje Worotikan) turut menyaksikan proses penimbangan dan pengukuran ke 5 foam/sponge pig tersebut. QC KSO-HMP dan QC PMC yakni Indra, Dani dan Joko Subangkit sesekali memberi arahan dan petunjuk prosedural kepada Tim PT. Bening Tunggal Mandiri.

Hamdani Ketua Tim
PT. Bening TM
Selanjutnya, ke 5 foam pig/sponge pig (A, B, C, D, E) satu demi satu dimasukkan ke dalam header/launcher dan 
Ventje HSE 
Naryo Pro-cont & Indra QC KSO-HMP
diikuti oleh poly pig. Setelah itu, ujung header/launcher ditutup dengan blind plangue yang dibaut secara rapat. Setelah ampere meter dipasang, maka compressor/pressure pump pun dihidupkan dan mendorong ke 5 foam/sponge pig dan 1 poly pig meluncur sepanjang alur pipa 8 KM dari Plumpang (KP-15)-Semper-Tugu-Cacing-Cilincing dan berakhir di Pintu II KBN (KP-23). Pada awal pendorongan, ampere meter menunjuk pada angka 8 Psi, selanjutnya berkisar antara 4 hingga 6 Psi. Sejam sebelum ke 5 foam pig/sponge pig dan poly pig sampai di ujung launcher yang berlokasi di KBN, skala pressure menurun ke angka 2 Psi. Tepat pukul 17.00 WIB, ke 5 foam pig/sponge pig dan 1 poly pig tiba di ujung pipa launcher KBN, Sayangnya, ke 5 foam pig/sponge pig masih berkadar air lebih dari 10-30% dari berat sebelumnya, maka proses Swabbing External harus diulang kembali hingga kadar air di bawah 10%.


Tim PT. Bening TM
Menurut QC PMC Joko Subangkit, Swabbing Internal & External dalam hydrotest ini adalah salah satu fase pre-commissioning untuk membersihkan interior pipa dari segala kotoran, lumpur dan air, sehingga memungkinkan untuk dilaksanakan N2 Purging sebelum dilakukan Gas-In (Commissioning Project).

No comments: