Wednesday, September 28, 2016

Management Walk Through Pertamina Gas

Management Walk Through Pertamina Gas, Nusantara Regas, KSO-HMP dan PMC

Management Walk Through Pertamina Gas, Nusantara Regas, PMC & KSO-HMP
Bapak Agung inspeksi pekerjaan crew John
Sejak Rabu pagi hingga tengah hari, beberapa titik pekerjaan MKMT Project Gas Pipeline dikunjungi oleh tim Management Walk Through Pertamina Gas dan Nusantara Regas yang didampingi oleh PMC dan KSO-HMP. Management Walk Through atau site visit ini dimulai dari KP-0 Muara Karang hingga KP-30 Muara Tawar. Tujuan   ini menurut QC Manager Pertamina Gas (bpk. Agung Andriyanto) untuk mengecek kegiatan crusial di beberapa lokasi yang masih belum rampung sebagai persiapan commissioning project atau gas-in

Hermanto Foreman & Petrick-Arif HSE
Beberapa lokasi yang dikunjungi dalam Management Walk Through Pertamina Gas ini antara lain: KP-0 Muara Karang yang masih berlangsung pekerjaan hydrotest Pre-Comm Section I & II, KP-15 Plumpang sebagai titik exit Hydrotest Pre-Comm Section I & II, KP-23 yang sedang berlangsung golden joint connection titik entry Hydrotest Pre-Comm Section III dengan titik exit Hydrotest Pre-Comm Section IV, KP-26 Segara Makmur pekerjaan future connection pipa 8" dan KP-30 Muara Tawar pekerjaan Hot-Tap dan joint bending 90 degree pipa 12".

Deputy PM Pertamina Gas (Bpk Puguh) dengan Alfrits &
Toha HSE KSO-HMP
Menurut Deputy PM Pertamina Gas (bpk. Puguh), jika semua pekerjaan diatas bisa selesai esok hari, maka tahapan pekerjaan selanjutnya yakni N2 Purging akan dilaksanakan sesegera mungkin. N2 Purging adalah proses injeksi Nitrogen ke dalam pipa hingga pipa dalam keadaan vacuum dengan tingkat oksigen di dalamnya 5 % atau kurang dan siap untuk dialiri gas. adapun fungsi N2 Purging adalah untuk mendesak O2 agar keluar dari pipe system sehingga aman sewaktu gas-In pertama kali.

Welding joint KP-23 KBN by Lusiman & Rusmanta
Di KP-23 sejak usai proses Swabbing, crew Hermanto langsung mengerjakan cutting gooseneck dan receiver untuk pengelasan golden joint. Pipa sepanjang kl. 11 meter disiapkan untuk welding tie-in, namun sebelumnya silakukan terlebih dahulu proses penetrant test oleh crew Global Heatrindo Teknik. Langkah selanjutnya adalah melakukan cleaning manual untuk membersihkan interior pipa dari debu dan karat. Tepat pukul 17.00, welder Lusiman & Rusmanta turun menunaikan kewajibannya di salah satu spot golden joint. Sedangkan malam menjelang pagi, 4 welder diantaranya Asnal dan Navis mengelas spot golden joint lainnya.

Welding kombinasi GTAW & SMAW
(Argon) future connection
Arafiq HSE KSO-HMP KP-26
Di KP-26 Segara Makmur, crew Aslam bekerja menyelesaikanfuture connection 8" pipe dibantu oleh satu welder. Sedangkan di KP-30 Muara Tawar, crew John dan crew Kuswara berkutat di spot Hot-Tap dan pengelasan T-pipe dan hot bend 90• pipa 12". Sampai berita ini diturunkan, crew Wendi ketiban tugas sedang mengerjakan repair tie-in golden joint result NDT dari pekerjaan 4 welder dari one side of golden joint KP-23 KBN. Jangan lupa baca pula postingan berikutnya tentang Hydrotest Pre-Comm Section IV di blog ini.


Post a Comment