Friday, September 9, 2016

Thrust Boring dan Opencut

Thrust Boring dan Opencut KP Bandan Lodan Ancol MKMT Gas Pipeline Project

Lowering Pipe Thrust boring KP-06+700
Buli Juli dan Agustus adalah bulan-bulan yang sangat krusial bagi pekerjaan MKMT Gas Pipeline Project di kawasan Lodan-Ancol Jakarta Utara. Kawasan ini ada di titik KP-06+700 Kp. Bandan yang fokus pada kerjaan Thrust Boring dan Open Cut. Thrust Boring dikerjakan oleh PT KJA, sedangkan Open Cut dikerjakan oleh 2 crew KSO-HMP yakni Fauziani dan Yuliadi. KJA berkewajiban untuk menyelesaikan pekerjaan Thrust Boring sepanjang 48 meter, sedangkan crew Yuliadi mengerjakan joint welding antara ujung pipa thrust boring sebelumnya dengan ujung pipa thrust boring di entry berikutnya. Adapun crew Fauziani mengerjakan open cut ujung pipa thrust boring dengan ujung pipa di entry HDD.

Thrust Boring dan
Open Cut
Habib Yusuf sedang
meninjau lokasi 
open cut
Thrust boring KJA sebelumnya sepanjang 90 meter (15 batang pipa 6 meteran).adalah tidak menemukan masalah yang berarti. Namun ketika KJA mengerjakan thrust boring selanjutnya sepanjang 48 meter (8 batang pipa 6 meter), masalah demi masalah bermunculan mulai dari komplain dari warga lokal karena akses keluar-masuk pemukiman yang terganggu, tuntutan dari pengurus Karang Taruna dan pedagang kaki lima hingga friksi dengan tetangga sebelah (Tegma-PGN) yang sedang mengerjakan pipeline di jalur ROW yang sama. Meski demikian, pekerjaan thrust boring bisa tuntas walau menyisakan 1 batang pipa karena railing-jacking plus hydrolic boring KJA rusak. Konon, menurut crew KJA dan pak Budi (orang pintar setempat) , selain banyak "penampakan" juga jalur mesjid Keramat Kp. Bandan terkenal menyimpan anomali dan di luar nalar manusia. Akhirnya, mau tidak mau, harus dilakukan pekerjaan open cut. Tapi, apakah hal itu bisa dilakukan karena ahli waris mesjid keramat sejak semula tidak memberi izin jika pekerjaan gas pipeline adalah open cut, baik kepada Pertamina Gas maupun ke PGN. Sungguh, pekerjaan Thrust Boring dan Open Cut KP-06+700 adalah penuh tantangan bagaikan bermain puzzle.

Habib Alwi Kp. Bandan
Habib Yusuf & GA Manager 
Habib Alwi sedang
menunjuk keretakan
lantai mesjid
Pertolongan Tuhan datang di saat yang tepat, ahli waris mesjid keramat Kp. Bandan yakni Habib Alwi dan Habib Yusuf ketika ditemui dengan kesalehannya memberi izin untuk pekerjaan open cut. Akhirnya, crew Fauziani siang-malam bekerja menyelesaikan sisa pipa 1 batang KJA dan joint per joint antara pipa bending plus pipe-piece agar bisa ter-connect dengan ujung pipa entry HDD. Di posisi yang lain, crew Yuliadi bahu-membahu menyelesaikan joint demi joint sehingga ujung pipa entry boring KJA bisa ter-connect dengan ujung pipa exit boring ruko Indo Crest. Hujan, panas, banjir, longsor dan keluhan warga yang silih berganti komplain bisa teratasi berkat kudrat-iradatnya Tuhan Yang Maha Kuasa.  Alhamdulillah, tepat tanggal 29 Agustus 2016, pekerjaanThrust boring dan Open Cut Kp. Bandan Lodan Ancol Jakarta utara  bisa tuntas...tas..tas..tas...Semua crew mulai dari crew construction, Qc Welding, crew coating, crew engineering, crew project control dan crew civil terlihat puas dan bahagia yang terpancar di wajah mereka. Terima kasih Tuhan, Deo Gratias. Baca pula Fabrikasi Gooseneck di blog ini.

NB: Saat ini di lokasi mesjid Keramat Kp. Bandan dan sekitarnya akan dilaksanakan pekerjaan reinstatement (pemulihan ke kondisi semula) seperti perbaikan pagar dan tegel mesjid yang retak, renovasi pos karang Taruna, dsb.

Post a Comment