Monday, September 5, 2016

Hydrotest Section III

Hydrotest Gas Pipeline Proyek MK-MT: Hydrotest Section III

Mob Pressure Pump
 Hydrotest Section III
Pasca program akselerasi MKMT gas pipeline project Agustus lalu, kini management KSO-HMP sedang fokus pada pekerjaan Reinstatement (pemulihan lokasi ROW ke kondisi semula) dan pekerjaan Hydrotest. Pekerjaan Hydrotest dikerjakan oleh PT. Bening Tunggal Mandiri dan terbagi menjadi 4 section yakni:Section I: PJB-Ancol Carnaval (KP-O s/d KP-09), Section II: Ancol carnaval-Plumpang (KP-09 s/d KP-15), Hydrotest Section III: Plumpang-KBN (KP-15 s/d KP-23) dan Section IV: KBN-Muara Tawar (KP-23 s/d KP-30).

Hydrotest Section I dan II masih dalam tahap persiapan karena ada beberapa spot/titik yang belum prepared seperti pembuatan box-valve, repair dan reshoot hasil welding tie-in di KP-03, welding joint entry dan exit HDD dengan ujung pipa existing yang sudah tertanam, etc. Hingga saat ini semua pekerjaan tersebut terus dikebut agar bisa selesai sesuai dengan rencana management KSO-HMP.

Foam pig/sponge pig dalam
hydrotest section III
Pada akhirnya, Hydrotest Section III lebih dulu dilaksanakan
Poly Pig dalam hydrotest
section III
karena pipa yang sudah tertanam sudah dipastikan oke alias joint demi joint yang sudah tersambung sudah memenuhi kriteria dan prosedural. Maka, sejak seminggu yang lalu dari sekarang telah dilaksanakan fase demi fase hydrotest seperti cleaning & gauging, filling water, piging dan hydrotest yang di-holding selama 24 jam dalam tekanan 850/900 Psi. Kini, setelah selesai dewatering Senin (05/09/2016) malam pukul 20.00 WIB, maka dilanjutkan dengan pekerjaan (internal) swabbing (pembersihan interior pipa dengan menggunakan busa berbentuk silinder yang disebut sponge pig atau foam pig dan poly pig.

Penimbangan foam pig 
before swabbing
Pekerjaan (internal) Swabbing seperti dijelaskan oleh Hamdani crew PT.
Ujung launcher di KBN
Bening, mula-mula dilakukan penamaan dan penimbangan sponge pig/foam pig satu demi satu dan dicatat berapa berat masing-masing, lalu dimasukkan ke lubang pipa header/launcher diikuti oleh poly pig. setelah blind plangue ditutup kembali secara rapat dengan cara dibaut, maka compressor (pressure pump) akan mendorong sponge pig/foam pig dan poly pig ke ujung pipa sebagai titik akhir dari pekerjaan (internal) Swabbing ini. Ketika tulisan ini dibuat, pekerjaan (internal swabbing) sedang dilaksanakan. Sponge pig/foam pig yang baru dimasukan adalah 2 buah yang dinamai Boy dan Reva. Boy seberat 6,065 Kg dan Reva seberat 5,640 Kg before Swabbing. Jika berat Boy dan Reva sudah diambang batas toleransi yakni bertambah 30% dari berat sebelumnya, maka boleh dikatakan interior pipa sudah bersih atau kering dan layak untuk dilaksanakan N2 Purging. jangan lupa baca pula akselerasi MKMT gas pipeline project di blog ini.

NB: Info terakhir, tepat pukul 05.00 WIB dini hari (Selasa, 06/09/2016) ketiga komponen yakni 2 foam pig yakni Boy & Reva serta 1 Poli Pig yang dinamai Dr. Gang Cobra keluar bersamaan di lokasi KBN.

No comments: