Friday, November 28, 2014

Construction Manager MKMT KSO-HMP

Profil Singkat Construction Manager MKMT KSO-HMP

Garda terdepan (Avant-Gard) atau jantung dari proyek pembangunan pipa transmisi gas Muara Karang-Muara Tawar adalah Construction Manager. Construction Manager dari Konsorsium Hutama Karya-Moeladi-Promatcon Tepat Guna ini dipimpin oleh bapak Asep Sutisna Daryatmo, jebolan ITB (Institut Teknologi Bandung). Beliau lah yang menggerakan semua pekerja lapangan construction mulai dari mandor (supervisor), foreman, operator exca, welder, fitter, coater, grinder, driver, helper hingga adm-const dan warehouse. Semuanya bekerja saling berkaitan (simbiosis mutualisma) dan bahu-membahu untuk berhasilnya proyek MKMT KSO-HMP ini hingga commissioning project. Tentu saja seorang Construction Manager tidak berjalan sendirian tanpa ditopang oleh divisi managerial lainnya seperti engineering division, project division, finance division, HSE division, procurement, etc.


Setiap pagi jam 07. 00 WIB, pak Asep sudah stand by di Workshop Kebantenan mengatur dan memberi komando (briefing) kepada segenap supervisor, foreman, admin construction tentang apa yang seharusnya dilakukan saat itu dan rencana strategis selanjutnya. Bahkan, pihak sub-contractor pun seringkali diundang dalam musyawarah kerja, rencana dan solusi masalah yang terjadi di lapangan. Kesibukannya sebagai Construction manager tidak berhenti disitu, beliau pun turut terjun ke lapangan menginspeksi semua pekerja dan melihat progress pekerjaan secara visual. Beliau tidak segan menegur foreman dan supervisor yang kurang tanggap terhadap instruksi dan arahannya. Semuanya beliau lakukan demi kemajuan dan keberhasilan proyek MKMT KSO-HMP ini sesuai yang diinginkan oleh pihak Pertagas sebagai pemberi pekerjaan.

Pak Asep pun seringkali memberi arahan dan instruksi ketika tool box meeting atau safety talk bersama dengan Manager HSE, pak Dolfie Lasut W. Pengalamannya sebagai construction manager sering kali di-share dengan rekan-rekannya. Jiwa leadership (kepemimpinan) yang dimilikinya merupakan hasil tempaan pengalaman kerja di berbagai perusahaan besar seperti Elnusa, Pegasol, PGN, HTI, dsb. Maju terus dan pantang mundur pak. Contact Person pak Asep:
Email: asepso_bgr@yahoo.co.id
HP   : 081 380 384 011 
Berikut ini deskripsi Pekerjaan (Job description) dari seorang Construction Manager ini meliputi:

1. Construction Of Mechanical
2. Construction Of Pipeline & Piping
     A. Construction Survey
     B. Clearing & Grading
     C. Stringing
     D. Trenching
     E. Welding
     F. Lowering
     G. NDT (Non Destructive Test)
     H. FJC (Field Joint Coating)
     I. Backfilling
     J. Reinstatement
     H. Boring
     I. Road Crossing
     J. River Crossing
     K. HDD
     L. Push Pull
     M. Painting All Steel Subrate
3. Construction Of Electrical
4. Construction Of Instrument
5. Construction Of Civil

Baca juga postingan kami sebelumnya yakni Dokumentasi.


No comments: