Wednesday, November 26, 2014

Welder Operator

Profil Welder Operator Proyek MKMT KSO-HMP

Sukoco, Welder Opr KSO-HMP
Ujung tombak dari pelaksanaan proyek pembangunan pipa transmisi gas Muara Tawar-Muara Karang adalah para juru las atau welder operator. Mereka melaksanakan pengelasan pipa demi pipa sehingga nantinya akan terbentang sepanjang 30 KM antara Muara Karang di dekat Pelabuhan Tanjung Priuk sampai dengan  lokasi PLTGU Muara Tawar Bekasi. Para welder operator bekerja keras siang-malam melakukan main-line welding (pengelasan di sepanjang jalur pipa), line-up welding (pengelasan pipa di atas tanah) sebelum pipa tersebut dimasukan ke bawah jalur pipa (lowering), dan welding tie-in (pengelasan di bawah) atau berada pada saluran pipa. Tentu saja pekerjaan pengelasan yang telah dilakukan para welder harus ditindak-lanjuti oleh para coater (field Joint coating operator) setelah melalui proses NDT (Non-Destructive Test) agar segera pipa-pipa yang tersambung tadi bisa ditimbun (Backfill). Salah seorang profil welder operator pada proyek pembangunan pipa transmisi gas MKMT KSO-HMP ini adalah bpk.
Sukoco.

 photo IMG_20140920_160711.jpg
Sukoco, in action sebagai Welder Opr
Sukoco adalah pria kelahiran jakarta 54 tahun yang lalu, merupakan salah seorang welder operator yang sarat dengan pengalaman baik proyek dalam negeri maupun luar negeri. Latar belakang beliau menjadi seorang welder operator, karena rumah dan sekolah STM dimana beliau menimba ilmu sangat berdekatan dengan lokasi pelabuhan Tanjung Priuk. Sukoco setiap senggang selalu mempraktekkan ilmu pengelasan yang diterima di sekolahnya di galangan-galangan kapal yang rusak. Setahap demi setahap ilmu dan pengalamannya menjadikannya matang tentang dunia pengelasan yang benar. Apalagi setelah memperoleh sertifikasi dan lisensi dari Migas, satu demi satu proyek yang membutuhkan keahliannya sebagai welder menghampirinya. Bahkan tidak hanya di lingkup nasional namun juga mancanegara seperti India, Srilangka, Abu Dhabi, Malaysia dan Singapura. Ayah 7 anak dan 5 cucu ini meski pengalamannya sebagai welder operator sudah melanglang buana, namun sikap rendah hatinya yang merupakan ciri khas dari orang Betawi ini tidak pernah luntur.

Sukoco with Subagyo (spv Const)
Setiap pagi Sukoco (Welder Stamp 31) yang berpasangan dengan Endang (Welder Stamp 32) berangkat dengan timnya (2 fitter dan 2 grinder) ke lokasi (KP= Kilometer Point) jejeran pipa yang akan dilas. Terkadang kedua welder operator ini bertugas di fabrikasi workshop KSO-HMP di Kebantenan. Menurutnya,waktu yang dibutuhkan untuk pengelasan pipa yang disambung sekitar 1 jam hingga 2 jam, tergantung dari mudah-sulitnya medan pengelasan. Biasanya, pengelasan yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi adalah welding tie-in, dimana dia harus berkutat dengan sempitnya saluran atau tanah yang berlumpur/kubangan air. Namun demikian, sesulit apapun, menurut beliau harus tetap dijalani dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi. Salut buat pak Sukoco, semoga tetap semangat dan sehat selalu dalam mengemban tugas welder operator di proyek MKMT KSO-HMP ini. Silahkan baca juga postingan sebelumnya tentang Manager Procurement proyek MKMT KSO-HMP di blog ini.




No comments: