Tuesday, November 18, 2014

Divisi Quality Control

Divisi Quality Control KSO-HMP Dalam Proyek Pembangunan Pipa Transmisi Gas Muara Karang-Muara Tawar

Bpk Desri (QC Manager)

Peranan Divisi Quality Control dalam proyek divisi quality control ini. Divisi quality control bertanggung jawab terhadap banyak hal mulai dari pengecekan kondisi pipa-pipa yang datang dari fabrikan, pengecekan pipe number dan heat number, pengecekan hasil

pengelasan welder di workshop (fabrikasi), loading, stringing dan trenching pipa ke lokasi penempatan pipa (main-line), pengecekan line-up welding pipa, pengecekan tie-in welding, pengecekan kinerja field joint coating (coater), pengecekan lokasi boring, backfilling dan commissioning (pengerjaan pemasangan pipa hingga tuntas).
pembangunan pipa transmisi gas Muara Karang-Muara Tawar ini adalah sangat penting. Bagaimana tidak? jika semua pekerjaan konstruksi berada di bawah pengawasan dan monitoring

Semua kinerja dan tanggung jawab divisi quality control ini sangat berat dan urgent, karena menyangkut
Subagyo (supervisor) di KP Semper
layak-tidaknya sebuah pekerjaan pipa yang implikasinya pada kebutuhan dan hajat hidup orang banyak. jika divisi quality control ini bekerja ala kadarnya atau tidak serius atau tidak menepati prosedural yang telah ditetapkan, maka dikhawatirkan akan menimbulkan resiko fatal di kemudian hari. Oleh karena itu, orang yang diterjunkan di divisi quality control harus sudah memiliki sertifikat dan lisensi yang berstandar internasional. Sertifikat dan lisensi tersebut adalah API 1104 (America Procedural international, AWS (American Welding Society), ASME (America Society of mecahanical Engineers) dan ANSI (American National Standard Institute).

Deddy Rusly (QC), Ghofur  di KP 17 Semper
Dalam proyek pembangunan pipa transmisi gas Muara Karang-Muara
Tawar ini banyak terlibat orang-orang yang memiliki kompetensi dan skill di bidang quality control, seperti Desri (Manager QC), Dedy Rusli, Djoko Tri, Fery Firmansyah, etc.

Baca juga postingan kami sebelumnya yakni: Divisi Field Joint Coating.

No comments: