Friday, November 21, 2014

Team Keeper & Facility

Bpk H. Walid (Time Keeper & Facility KSO-HMP)

Profil dari Team Keeper & Facility di Proyek Pipa Transmisi Gas MKMT KSO-HMP

Bpk H. Walid (Time Keeper & Facility) sedang beraktifitas
di kantor Workshop Baru Kebantenan
Seperti telah diungkapkan dalam artikel sebelumnya, bahwa antara divisi yang satu dengan divisi yang lainnya dalam sebuah proyek adalah bagaikan mata-rantai yang saling berkaitan (simbiosis muatualisme). Jika salah satu divisi ditiadakan atau kinerjanya tidak mendukung divisi-divisi lainnya, maka akan terjadi missing-link (rantai yang terputus) yang berimplikasi logis pada lumpuhnya sebuah proyek yang sedang dilaksanakan. Salah satu divisi yang tidak boleh kita pandang sebelah mata adalah divisi General Affair (Divisi umum) yang membawahi bidang Team keeper & Facility. Pada proyek pembangunan pipa transmisi gas MKMT KSO-HMP pun memiliki bidang team Keeper & Facility yang saat ini digawangi oleh bpk. H. Walid.
H. Walid yang akrab dipanggil pak haji ini, setiap pagi sebelum semua crew KSO-HMP masuk kantor atau workshop, sudah menyiapkan daftar absen (presensi kehadiran) di depan pintu kantor KSO-HMP. Beliau secara telaten melayani semua crew mulai dari staff, supervisor, welder, fitter, grinder, driver, helper hingga OB (office boy) untuk selalu mengisi absensi agar hak mereka untuk memperoleh gaji dan uang makan bisa diterima secara utuh. Bagi crew yang lupa untuk mengisi absensi, maka pak haji tak sungkan untuk mendatangi yang bersangkutan untuk segera membubuhkan tanda tangan pada lembaran absensi. Tugas sebagai team keeper & facility ini, setiap pagi beliau jalani dengan penuh tanggung jawab. Senyum dikulum tak pernah lupa selalu menghiasi wajah pak haji Walid yang notabene mantan pensiunan Kopassus (pasukan elit di negeri ini).

Tugas dan tanggung jawab pak H. Walid tidak berhenti sampai disitu. Ketika waktu beranjak siang pak haji selalu mengkonfirmasi kepada foreman atau supervisor menanyakan berapa jumlah crew per KP (Kilomeeter Point) yang saat ini bekerja. Hal ini dimaksudkan untuk mengecek ulang man power yang bekerja secara pasti di lapangan. Hal serupa selalu  beliau lakukan ketika hari menjelang malam, untuk menentukan jumlah logistik bagi yang lembur (overtime). Biasanya pak haji sibuk dengan telepon kesana-sini agar tidak ada crew yang tidak kebagian jatah. Tugas lainnya yang sering beliau lakukan adalah mengurus fasilitas mess-mess untuk karyawan, mengawasi dan mengarahkan office boy dan petugas laundry yang berada di mess-1 workshop & mess-2 di Perum pantai Modern Bekasi.

 photo IMG00268-20141118-1256.jpg
Pak H. Walid on the spot ke KP 24 (KBN)
Setelah jam istirahat, pak H. Walid biasanya on the spot ke lapangan atau pergi ke kantor pusat KSO HMP di bilangan Kemayoran untuk mengurus berbagai macam keperluan seperti mengambil uang makan karyawan, laporan penggunaan kasbon, laporan cuti karyawan secara berkala, mengambil budget keperluan logistik harian-mingguan-bulanan untuk mess secara rutin (pulsa token PLN, air mineral, uang kopi-teh plus gula, sabun, etc.), mengurus kartu ATM buat transfer gaji karyawan, dsb. Bahkan, pak H. Walid sering dijadikan tumpuan harapan bagi karyawan di bawah  yang ingin menyampaikan aspirasi dan komplen ke pihak management di atasnya, seperti terlambatnya tunjangan insentif, tidak sinkronnya uang makan atau gaji yang diterima dengan jam kerja, komplen cuti sakit yang tidak menerima uang makan, dsb. Semua keluhan dan asprasi karyawan tersebut oleh pak H. Walid ditampung dengan penuh senyuman dan kesabaran. Meski demikian, jiwa militer pak H. Walid sering keluar ketika melihat karyawan yang tidak disiplin. Beliau secara tegas memperingatkannya agar tidak dilakukan kembali oleh karyawan tersebut. Keberhasilan beliau dalam melakoni tugas dan tanggung jawab sebagai sosok team keeper & facility dimotivasi oleh motto beliau:"Keyakinan adalah salah satu faktor kunci keberhasilan".  Nampaknya, kita yang masih muda dan mentah pengalaman, harus banyak belajar dari pria kelahiran cirebon 58 tahun yang lalu yang sebentar lagi akan meminang mantu ini. Semangat terus pak Haji.

Baca juga postingan lainnya di blog ini seperti Simulasi keselamatan kerja.

No comments: