Saturday, November 29, 2014

Staff Quality Control

Profil Staff Quality Control

 photo 3c42bc50-1d41-4a17-82c2-dc26c16d1a8e.jpg
Alyom Sastra (QC Staff)
Penampilannya selalu rapi, kalau bicara sangat hati-hati dibarengi dengan senyuman kalem. Dia adalah Alyom Sastra yang memangku tugas di proyek pembangunan pipa transmisi gas Muara Tawar-Muara Karang ini sebagai salah seorang staff quality control. Setiap hari pria kelahiran Padang Sumatera Barat ini mengecek dan menandai pipa yang berada di workshop, mengecek pekerjaan welder, mencatat secara manual jumlah pipa yang sudah di stringing, trenching, backfilling di setiap KP (Kilometer Point).

Alyom Sastra sangat mencintai pekerjaannya sebagai staff quality control. Pekerjaan ini beliau tekuni mulai dari tahun 2007 hingga sekarang. Tentu saja, perusahaan dimana beliau bekerja pun sangat beragam mulai dari PGN, Rekin, Pertagas, Mc Dermott, hingga perusahaan mancanegara. Berbagai negara yang pernah memperoleh campur tangan keahliannya sebagai staff quality control adalah Filipina, Singapura, Malaysia, Brunei dan Thailan. Profesinya sebagai staff quality control telah dijalaninya selama 20 tahun, sebelumnya beliau berprofesi sebagai staff NDT (Non-Destructive Test).


Santai di KP Semper photo IMG_20141119_094632.jpg
Pak Alyom sedang di KP-18
Meski sudah makan banyak asam-garam, performance-nya tidak sombong dan mau berbagi pengalaman dan ilmu dengan yang lebih muda atau junior. Di proyek MKMT KSO HMP ini, pak Yom begitu dia biasa dipanggil, saat ini sedang menginspeksi pekerjaan welding header pipa di fabrikasi workshop Kebantenan. Welding header ini diperuntukkan bagi ujung pipa hulu dengan ujung pipa hilir dalam rangka hydrotest setelah semua pekerjaan tuntas. Demikian sekilas tentang profil staff quality control, pak Alyom Sastra. Baca juga postingan sebelumnya tentang construction manager.

No comments: