Tuesday, November 10, 2015

Holding & Dewatering: Fase Final Hydrotest

Holding & Dewatering: Fase Final Hydrotest PJB Muara Karang

Holding & Dewatering: Fase Final Hydrotest
Holding & Dewatering: Fase Final Hydrotest: Buka Blind Flange
Proses Holding & Dewatering: Fase Final Hydrotest merupakan rangkaian akhir dari proses Hydrotest. Proses Holding dimulai sejak Senin (09/11) pukul 16.15 WIB hingga Selasa (10/11) pukul 16.15 WIB selama 24 jam non-stop. Jika tekanan air 860 Psi tidak menunjukkan penurunan pada ampere dan barcone, maka hal itu menunjukkan string pipa gas lolos dan layak digunakan. Namun jika sebaliknya terjadi penurunan, maka menunjukkan adanya kebocoran baik pada hasil weldingan ataupun pada batang pipanya.

Tim Hydrotest, selama 2 hari 2 malam bergantian menunggu proses Holding & Dewatering: Fase Final Hydrotest ini. Sedangkan dari pihak KSO-HMP yang hadir menunggu mulai siang hingga pukul 22.00 WIB adalah Fery FM Pilliang (QC KSO-HMP), A. Kamil Rosyad (Jr. Spv KSO-HMP), bahkan Farid Mahmud (HSE Man) berjaga hingga dinihari. Hadir pula pada proses Holding & Dewatering: Fase Final Hydrotest PJB Muara Karang di siang hari adalah bpk. Falhan Muhammad Qadhri (QC PMC).

DWT (Dead Weight Test)
Dalam proses Holding & Dewatering: Fase Final Hydrotest ini berjalan cukup lancar, hanya saja ketika proses Dewatering agak kesulitan dalam hal pembuangan air ke saluran, karena harus mengeruk jalur riol yang tersumbat. Setelah Jr. Spv meminta izin kepada pihak PJB untuk mengeruk jalur air yang tersumbat, maka operator exca (bpk Suradi) langsung beraksi sesegera mungkin. Mobilisasi launcher, blind plangue dan compressor dari entry ke exit point pun memerlukan waktu yang cukup lama karena menunggu arus lalu lintas di Pluit Utara yang ramai. Proses Dewatering pada akhirnya selesai pukul 03.00 WIB dinihari dengan sukses. Hydrotest selanjutnya akan dilakukan di lokasi HDD Sungai Tirem KP-21 beberapa waktu ke depan. Jangan lupa, baca pula postingan sebelumnya tentang Filling Water & Hydrotest PJB Muara Karang di website kita ini.


No comments: