A

Sunday, November 22, 2015

Reamer 16" HDD KP-21

Munculnya Reamer 16" HDD KP-21 Di Entry

Munculnya Reamer 16" HDD KP-21
Mas Joko (PMC), Mr Jacuub (PT. Line), A. Kamil R (KS0-HMP), Lukman(PK)
Tepat pukul 11.30 WIB hari ini Senin 23 November 2015, Reamer 16" HDD KP-21 muncul pada roots ke-55. Perlu diketahui bahwa dimulainya penetrasi Reamer 16" HDD KP-21 adalah pukul 15.30 kemaren Minggu 22 November 2015 dan jeda pukul 17.30 WIB dengan pencapaian 24 roots. Kenapa Reamer 16" HDD KP-21 tidak dimulai dari pagi? Hal ini disebabkan perlunya koordinasi antara KSO-HMP, PT. Line IC dan PMC mengenai bergesernya titik koordinat exit HDD sekitar 50 cm. Namun demikian, pihak PT. Line IC mampu memberi solusi dengan teknik tarik-ulur reamer, juga posisi tanah akan turun dengan sendirinya, hingga di saat reamer 16" HDD KP-21 dimulai dari exit. Terbukti, dengan selesainya Reamer 16" HDD KP-21 tersebut, tak ada kendala yang berarti. Bahkan spare lubang tie-in adalah sesuai dengan rencana semula, tidak akan mengganggu pipa tetangga sebelah yang sudah tertanam.
Mas Anto dan crew HDD PT. Line

Mas Danny Apoy (Staff Surveyor KSO-HMP)

Hadir pada siang itu, bpk Yousrizal (PMC), Joko Subangkit (Qc PMC) untuk memonitor pekerjaan Reamer 16" HDD KP-21. Adapun team survey KSO-HMP dibawah koordinasi mas Sigit Handoyo, kemarin sudah melakukan sinkronisasi titik exit HDD dengan munculnya pilot bore di lokasi exit. Hasilnya adalah Go Ahead setelah berkoordinasi dengan Construction Manager (bpk Asep Sutisna Daryatmo). Pada kesempatan yang sama, Jr Spv KSO-HMP (A. Kamil Rosyad) dan Mr. Jacuub (CM PT Line) menjelaskan kepada bpk Yousrizal (PMC), bahwa fase pekerjaan adalah: Reamer 16" (1x), Reamer 24" (1x), Reamer 30 (2x) sekaligus cleaning dan swabbing. Selanjutnta adalah Pull Back HDD KP-21 yang rencananya akan dilaksanakan Sabtu 28 November.2015 (belum fixed).

mas Sigit Handoyo (Koordinator Survey KSO-HMP)
Mr Jacuub dan Mr Shamran Rojanawas (operator HDD PT Line), mengatakan bahwa tahap-demi tahap terus dilakukan semaksimal dan secepat mungkin, agar sesuai dengan jadwal dan skenario awal, namun tetap tidak ingin memastikan waktu dan kapan pastinya Pull Back. Mudah2an saja semua berjalan dengan lancar dan tak ada kendala sedikit pun, amin. Jangan lupa baca postingan sebelumnya tentang   PT. Sukowati: Supplier Air Hydrote& HDD Di website ini.
Post a Comment