Sunday, March 15, 2015

PT. Segara Energy (Sub-Con KSO-HMP)

Pecah Telor-nya PT. Segara Energy (KSO-HMP)


PT. Segara Energy di KP-25
Trial & Error, Challege & Respons atau apapun namanya telah dilalui sejak awal bergabungnya PT. Segara Energy (Sub-Con KSO-HMP) dalam proyek MKMT ini. Bermula dengan banyaknya hambatan ketika melakukan survey bersama ataupun survey internal, penyetopan kerja oleh pihak BPD Segara Makmur, hingga timesheet manpower & equipments yang terus bergerak. Pada akhirnya sebelum hujan rintik di sore itu, pecahlah teror dengan selesainya proses welding mainline  atau line-up welding meskipun hanya 1 joint 24" sepanjang 12 meter (6 meter x 2 batang). Kinerja Tim Young Guns yang dikomandani oleh sherriff Sumarno (CM), Kuswanto (Piping Spv), Salis
Kurniawan (HSE), Ade Abasi (Civil Spv) Amin (QC) dan Siswantoro (Koordinator Welder) serta crew lainnya yang super hebat, patut diacungi 2 jempol. Semangat dan gairah yang tak pernah padam meski banyak kendala intern maupun ekstern, tidak menyurutkan mereka untuk terus move-on dan menjelajah bagaikan meteor.

Foto bersama setelah 1 joint welding di KP-25 (PT. Segara Energy)
Sejak minggu pagi 15 Maret 2015, seluruh tim solid PT. Segara Energy (Sub-Con KSO-HMP)sudah prepare di lapangan (KP-25) untuk siap melakukan pekerjaan welding mainline/line-up welding. Crew welder yang dikomandani oleh Siswantoro menjalankan instruksi dari CM Sumarno dan Piping Spv Kuswanto, sedangkan Salis Kurniawan dan Ade Abasy dengan cekatan mengatur banner dan arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. Crew lainnya menyiapkan welding machine, external clamp, tripod dan welding equipmnets lainnya. Sambil menunggu kedatangan QC KSO-HMP Joko Tri, mereka sejenak mendengarkan briefing dan share dengan QC PMC: sdr. Iwan dan sdr Akin dipandu oleh Junior Spv KSO-HMP A. Kamil Rosyad. tepat pukul 13.30 WIB, tim welder mulai melaksanakan tugas perdananya: Root, Hot-pass, Filler-1, filler-2, caving dan finishing dilalapnya dalam jangka waktu 2 jam lebih sedikit. Joko Tri selaku QC KSO-HMP melakukan tugas quality controlnya dengan cekatan dan sigap, sambil sesekali menengok alur welding dari top hingga bottom kiri-kanan, mas Joko mengintruksikan welder untuk merapikan pekerjaannya. Pada akhirnya, tangan mas Joko membubuhkan tanda tangan diiringi dengan sorakan dan tepuk tangan semua yang hadir bagaikan grand launching (gunting pita) sebuah acara besar. Tiba-tiba hujan gerimis turun seakan menandakan turunnya berkah dari Tuhan Yang Maha Esa atas pekerjaan PT. Segara Energy di hari itu. Semoga.

Lolos tidaknya joint welding mainline 6 meter masih harus dilalui 2 tahapan yakni checking by PMC dan Non-Destructive Test by BKI. Setelah itu, proses field joint coating, holiday test, trenching-lowering & backfilling menunggu giliran. Berhubung hujan terus mengguyur, maka welding joint kedua dan selanjutnya dilanjutkan esok hari saja. Demikian selayang pandang pecah telornya kinerja PT. Segara Energy yang penuh spirit dan teamwork yang baik. jangan lupa baca juga postingan lainnya yakni: Direktur keuangan PT. PSD di website kita ini. Oke Bro & Zus..  

     

No comments: