Saturday, January 24, 2015

Fase Hydrotest KP-21/22 KBN

Fase Hydrotest KP-21/22 KBN Proyek MKMT KSO-HMP

Foto bersama Crew KSO-HMP, PMC dan crew hydrotest
selepas Fase Hydrotest KP-21/22 KBN
Hujan boleh turun, tapi pekerjaan proyek harus jalan terus. The Show must go on. Proyek MKMT di musim hujan ini boleh dikata agak tersendat perjalanannya, akibat hujan yang mengguyur dari pagi, siang, sore hingga malam hari. Namun semua crew KSO-HMP bertekad untuk terus melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan divisinya masing-masing. Divisi QC, HSE manager  KSO-HMP (bpk. Dolfie Lasut W.), Collin Powel, Aris dibarengi oleh crew PMC (bpk. Pakde Haryadi, pk Sofyan, pk. Joko, dll) sejak pagi hari hingga menjelang petang, berada di KP-21/22 KBN untuk memonitor
kinerja subcont yang sedang melaksanakan fase hydrotest. Fase hydrotest KP-21/22 KBN sebanyak 3 string pipa sepanjang (150+150+180) meter yang sudah melewati fase welding dan coating. Fase hydrotest KP-21/22 KBN ini bertujuan untuk memastikan semua pipa yang telah tersambung (joint) tidak ada yang bocor. Jika terbukti terdapat kebocoran sekecil lubang jarum pun akan menimbulkan bahaya.

Pada fase Hydrotest KP-21/22 KBN ini, Tim subcont lengkap dengan semua peralatan mulai dari pressure pump, filling water machine, dead weight test (Timbangan mati berwarna kuning), record scale, jarum pencatat merah dan biru, store bak (penampung air), kunci-kunci, selang pipa kekuatan 5000 psi dan barbel pendulum. Ketika jam menunjukkan pukul 10.00 WIB setelah semua pengecekan mur + baut yang terpasang pada blind flange dan header (launcher), maka dimulai pengisian air (filling water) ke string pipa pertama, kedua dan ketiga. Lalu crew hydrotest memainkan mesin dead weight test hingga hydrometer yang terpasang di header pipa bergerak naik hingga 840 Psi. Semua crew bersorak dan bertepuk tangan sebagai wujud bahwa pipa yang tersambung tidak bocor setelah dicek disepanjang string-nya. Ketika hari menjelang malam, fase hydrotest pun selesai dilaksanakan. semua crew merasa puas dengan melakukan foto bersama di lokasi Kp-21/22 KBN.

Jangan lupa baca juga postingan sebelumnya tentang Profil staff humas KSO-HMP di blog ini.



No comments: