Sunday, January 4, 2015

Profil Administrasi Keuangan

Profil Administrasi Keuangan dan Akuntansi Proyek MKMT KSO-HMP

Pak Daryanto, profil administrasi keuangan & akuntansi proyek
MKMT KSO-HMP
Orang memanggilnya Pak Dar, sebuah panggilan akrab baginya yang bernama asli Daryanto. Pak Dar merupakan profil administrasi keuangan dan akuntasi proyek MKMT KSO-HMP. Tugasnya sangat berat dan urgent karena  mengendalikan keuangan perusahaan dengan mengadakan sistem dan prosedur yang dapat mencegah penyimpangan dan mengambil langkah perbaikan jika terjadi penyimpangan di dalam pelaksanaan usaha dan memengaruhi struktur keuangan dan alokasi dana.

Pak Dar kelahiran Purbalingga 49 tahun yang lalu. Beliau hanya sesekali terjun ke lapangan
karena lebih banyak melaksanakan tugasnya di belakang meja dan komputer. Orangnya terkesan serius tapi kalau diajak ngobrol enak dan selalu menebar senyuman. Mungkin hal itu karena tugas kesehariannya bergelut dengan angka-angka dan tabel yang rumit. Tugas fungsional lainnya beliau adalah: Menetapkan struktur keuangan entitas. Yaitu menetapkan kebutuhan entitas akan dana untuk sekarang (modal kerja jangka pendek) dan masa depan (keperluan investasi jangka panjang) dan menetapkan sumber dana yang dapat menutup kebutuhan-kebutuhan itu secara sehat. Di dalam prinsipnya, kebutuhan dana jangka pendek dibiayai oleh sumber jangka pendek, dan kebutuhan dana jangka panjang dibiayai dari sumber jangka panjang. Mengalokasikan dana sedemikian rupa agar dapat memperoleh tingkat efisiensi atau profitabilitas yang optimal.

Berikut ini beberapa tugas dan fungsi lainnya sebagai (profil) administrasi keuangan dan akuntansi:

1. Perencanaan Keuangan: Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.

2. Penganggaran Keuangan: Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.

3. Pengelolaan Keuangan: Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.

4. Pencarian Keuangan: Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.

5. Penyimpanan Keuangan: Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan aman.

6. Pengendalian Keuangan: Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada paerusahaan.

7. Pemeriksaan Keuangan: Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.

Pak Dar memiliki motto atau semboyan hidup yang njawani yakni: mikul dhuwur-mendhem jero. Emailnya: dryepc5@yahoo.co.id HP: 081314415868. Semangat terus pak Dar. Silahkan baca juga postingan sebelumnya tentang:  Fase Hydrotest di website ini.
Post a Comment