A

Monday, December 29, 2014

Fase Hydrotest

Fase Hydrotest Proyek MKMT  KSO-HMP

Bpk. Asep Sutisna Daryatmo sedang 
melihat Bi-Di pick setelah digunakan  
Proyek MKMT KSO-HMP sudah masuk pada Fase hydrotest.
Bpk. A.W. Benny (HSE Manager
Pertamina Gas) sedang inspeksi hydrotest
di KP-23 KBN
Lokasi yang sedang dan akan dilakukan fase hydrotest adalah KP-23 hingga KP-24 yang berupa 3 string pipa total sepanjang kl. 1 KM via kali Blencong. Fase hydrotest dilakukan untuk memastikan tak ada seujung rambut pun pipa yang bocor.

Fase hydrotest biasanya dilakukan dalam beberapa tahapan, yakni:

1. Cleaning and Running Gauging Plate: yakni pembersihan lapisan dalam pipa dengan menggunakan alat Bi-Di pick & lempengan aluminium yang dimasukan ke dalam lapisan dalam pipa. Cleaning and Running Gauging Plate telah dilakukan sejak malam Senin jam 21. 30 hingga pukul 03.00 dinihari. Nampak Manager Procurement KSO-HMP (bpk Witarso) dan supervisor (bpk. Subagyo) hadir di lokasi.

Bpk. Witarso (Procur. mgr) & bpk.
Subagyo (Spv) di lokasi hydrotest
2. Filling Water: proses pengisian air bersih ke dalam pipa hingga penuh, kemudian diinject menggunakan           mesin pressure pump  dengan tekanan 850 Psi.

3. Dewatering: pembuangan/pengosongan air dari dalam pipa hingga habis.

4. Swabing: proses pengelapan/pengeringan lapisan dalam pipa menggunakan busa khusus.

Dalam proses hydrotest kali ini, debit air yang dibutuhkan adalah 270 M3 yang didatangkan dari PT. Sukowati. Sedangkan proses hydrotest dilakukan oleh subcont tersendiri yang terdiri dari 7 orang crew. Mesin Hydrotest terdiri dari 2 set yakni: 1 set kompressor filling pump dan 1 set pressure pump.     

Silahkan baca juga postingan lainnya yakni: Profil Foreman di blog ini.





Post a Comment