Thursday, December 18, 2014

Tugas Seorang Welder

Sekilas Tentang Tugas Seorang Welder

Maman, Welder KSO-HMP sedang rehat
di lokasi Mor-3
Welder atau juru las adalah salah satu profesi strategis dalam proyek MKMT KSO-HMP ini. Tugas seorang welder adalah menyambung pipa demi pipa dengan cara di las. Biasanya media yang disambung adalah logam/metal, seperti besi, stainless, alumunium, tembaga, kuningan, dsb. Seorang welder selain harus sehat fisiknya, juga harus memiliki skill/ketrampilan mengelas yang mumpuni. Dua faktor ini sangat penting dan saling melengkapi, karena pada prakteknya ketrampilan/skill mengelas saja tidak cukup, kalau tidak didukung fisik yang prima, karena tugas seorang welder cukup menguras tenaga. Posisi kerja yang sering membutuhkan tenaga extra adalah pada posisi di ketinggian, pada posisi ruang yang sempit, gerong, panasnya cuaca yang menyengat, dsb.

Handri S, berfose sejenak setelah melaksanakan tugas welder-
nya di KP-29 Mor-3
Meskipun tugas seorang welder pipeline banyak menguras tenaga dan banyak tantangan yang harus dihadapi, tapi seorang welder harus memiliki tekad yang kuat dan juga cinta pada pekerjaan, agar mampu mengurangi stress karena kelelahan. Materi kawat las yang digunakan untuk pengelasan pipeline adalah kawat las E6010 atau E7010 dan tidak perlu pakai GTAW (argon) utk root passnya. Sedangkan kawat las LB-520/52 jarang dipergunakan karena sering terjadi porrosity. Merk kawat las yg baik adalah Lincoln. Adanya hasil pengelasan yang tidak lolos NDT biasanya disebabkan pemakaian materi las yang kurang tepat atau weldernya tidak mampu membuat las yg mulus. Maka uji kualifikasi seorang welder sangat
Handri S. sesaat sebelum melaksanakan tugasnya sebagai
welder di KP-29
diperlukan. Welder yang baik, selain memiliki sertifikat uji kualifikasi, juga memiliki jam terbang yang lama di bidang pengelasan pipeline. Sehingga hasil pengelasannya selalu lolos NDT, tidak repair dan re-shoot.

Tahapan pekerjaan atau tugas seorang welder dalam pengelasan pipeline adalah: Root, Hot-pass, filler-1. filler-2, filler-3 dan Capping. Dalam proyek MKMT KSO-HMP ini terdapat 32 welder, diantaranya: Maman dan Handri S. Maman kelahiran Indramayu telah malang melintang di berbagai perusahaan besar seperti PT. Tembaga Pura, Nippon Steel, Thailand. Sedangkan Handri S sudah malang melintang di dunia pengelasan dari Sabang sampai Merauke. Baca juga postingan sebelumnya: Rapat Internal HSE.

No comments: