Wednesday, December 3, 2014

Kunjungan Kerja Tim Pengawas BP Migas

Kunjungan Kerja Tim Pengawas BP Migas Ke Proyek MKMT by KSO-HMP

Tim Pengawas BP Migas didampingi oleh Construction Manager
KSO-HMP bpk Asep Sutisna Daryatmo di KP-28
Proyek pembangunan pipa transmisi gas Muara Karang-Muara Tawar sepanjang 30 KM sudah dimulai sejak 7 bulan yang lalu (Mei 2014).  Proyek yang menelan biaya US$ 65,94 juta (Rp 758,3 miliar) ini dipercayakan pengerjaannya oleh Pertamina Gas sebagai owner pada Konsorsium Hutama Karya-Moeladi dan Promatcon Tepat Guna (KSO-HMP). Pihak KSO-HMP secara spartan mengerahkan seluruh sumber daya manusia, teknologi dan alat untuk mencapai progressivitas kerja day per day-nya. Begitu banyak progress kerja yang telah dihasilkan seperti  pekerjaan clearing-trenching, stringing, lowering, welding di beberapa KP Kilometer Point) seperti di KP-2, KP-15, KP-16, KP-17, KP-18, KP-19, KP-22, KP-23, KP-24, KP-25, KP-27 dan KP-28. Bahkan di
beberapa KP sudah menginjak pada tahapan  backfilling (penimbunan lokasi pipa ke kondisi semula). Progressivitas kerja ini bukan berarti dilalui tanpa kendala, karena seperti di lokasi KP-15 hingga KP-19 (area Semper) yang notabene dikenal sebagai jalur padat lalu lintas, bahu jalan yang sempit, berseliwerannya kabel Telkom-PLN dan pipa PAM yang tertimbun di sepanjang jalur pipa gas. Lebih dari pada itu, juga bersamaan dengan proyek pemasangan pipa gas oleh tetangga sebelah (PGN), sehingga progress yang dicapai terkesan lamban. Namun demikian biar lamban asalkan sukses hingga commissioning project, ibarat cerita dalam mitologi Yunani "Achilless", kura-kura yang berlari lambat tapi sampai juga ke tujuan.

CM Manager & HSE Manager KSO-HMP sedang berbincang-
bincang dengan tim pengawas BP Migas
Dalam rangka mengecek progresivitas dan akurasi kinerja proyek MKMT ini, pada hari senin kemarin tanggal 3 Desember 2014, pihak KSO-HMP mendapat kunjungan kerja tim pengawas BP Migas. Team pengawas BP Migas meninjau lokasi pemasangan pipa transmisi gas MKMT di KP-28 (Mor-3) dan KP-19 (Semper) didampingi oleh Deputy Project Manager Pertagas (bpk. Puguh), Projet Manager Survey Indonesia (bpk. Partono), Constrution Manager KSO-HMP (bpk. Asep Sutisna Daryatmo), HSE Manager KSO-HMP (bpk. Dolfie Lasut Worotikan), supervisor, foreman dan safety crew, dsb. Dalam kunjungan kerja tim pengawas BP Migas tersebut, team pengawas BP Migas menanyakan berbagai macam hal mulai dari prosedur pemasangan pipa gas yang tepat,
Bpk. Asep Sutisna Daryatmo (CM Manager KSO-HMP) sedang
berbincang2 dengan team pengawas BP Migas.
penggunaan material yang sesuai, kesulitan dan kendalayang dihadapi, tingkat keselamatan pekerja hingga sejauhmana progresivitas kerja yang sudah dicapai. Semua pertanyaan tadi dijawab secara tegas dan tepat oleh bpk Asep Sutisna dan bpk Dolfie Lasut secara bergantian. Nampak team pengawas yang terdiri dari 1 pria dan 2 orang wanita ini merasa puas dengan jawaban dan penjelasan dari kedua manager KSO-HMP ini.
Dengan adanya kunjungan kerja tim pengawas BP Migas ke lokasi proyek MKMT by KSO-HMP ini, diharapkan semua pengerjaan pemasangan pipa transmisi gas Muara Karang-Muara Tawar ini sesuai dengan prosedur yang berlaku mulai dari pekerjaan konstruksi, quality control dan safety. Maju terus-pantang mundur sampai berhasil, KSO-HMP...!!!! Silahkan baca pula postingan kami sebelumnya tentang profil General Affair Manager KSO-HMP.





Foto Dokumentasi Kunjungan Kerja Tim Pengawas BP Migas



No comments: