Tuesday, December 9, 2014

Lokasi KP- Ancol Proyek MKMT-KSO-HMP

Langkah Eksekusi Lokasi KP-Ancol Proyek MKMT KSO-HMP 

(09/12) Team KSO-HMP sedang diskusi rencana lokasi stock
field, lowering & stringing pipa di KP-Ancol
Pemasangan pipa gas tidak harus selalu runtut mulai dari KP-0 hingga KP selanjutnya secara estafet. Hal ini merupakan hal yang lumrah karena adanya kendala (handicap) perizinan serta mudah-sulitnya medan yang akan dilalui jalur pipa tersebut. Begitu juga dalam proyek pembangunan pipa transmisi gas Muara Karang-Muara Tawar ini, KP yang sedang dan telah digarap adalah KP-2, KP-15 s/d KP-19, KP-22 s/d KP-25, KP-27 dan KP-28. Sedangkan KP-KP lainnya menunggu giliran untuk digarap termasuk lokasi KP Ancol proyek MKMT KSO-HMP (KP-7 dan KP-8).

Bagaikan Blitzkrieg Operation (Serangan kilat)-nya AdolfHitler dan Heinz Wilhelm Guderian yang terkenal dalam PD-II. Maka secara gencar/spartan
(09/12) Team Khusus MKMT KSO-HMP di Lokasi KP-Ancol
(Abdul Hair, Sigit, Agung, Martin, Riki, Sri Daryatno)
sejak perencanaan tanggal 06 Desember 2014 (Rapat internal KSO-HMP dipimpin oleh Asep Sutisna Daryatmo/Construction Manager) dan tanggal 8 Desember 2014 proses penyurveyan. Maka, keesokan harinya tanggal 09 Desember 2014, team khusus terjun ke lokasi KP-Ancol Proyek MKMT KSO-HMP didampingi oleh team survey melakukan sejenis feasibility study untuk menentukan langkah kongkrit.

Sejak pagi hingga sore hari, team khusus lokasi KP-Ancol proyek MKMT KSO-HMP yang terdiri dari  Subagyo,  Idrus,  (Spv. Construction),  Tjuk Supriyanto (GA Manager), Andi (humas), Sri Daryatno, Abdul Hair (Project Control Manager), Martin dipandu oleh Sigit dan Agung (team survey) menelusuri patok (spot demi spot) jalur yang akan dilalui jalur pipa gas. Penelusuran ini dilakukan untuk menentukan stock field, pembersihan jalur pipa, ROW (Right of way) dan rencana kerja lainnya. Penelusuran ini pun bertujuan untuk mengetahui dan menentukan jenis pekerjaan apa yang harus dilakukan pada setiap spot, sebelum pekerjaan utama dilakukan seperti cut and fill, pembersihan lahan (clearing and grading), mobilisasi kendaraan pengangkut pipa, dsb.


(09/12) Team Khusus KSO MKMT KSO-HMP makan siang bersama
Bpk Doddy Dewanto (Project Mgr), bpk. Suparman (finance Mgr)
Tjuk Suprianto (GA Mgr) di RM kawasan Ancol.
Setelah makan siang bersama  dengan pimpinan KSO-HMP yakni bpk Doddy Dewanto (Project Manager) dan bpk. Suparman (Finance Manager) di rumah makan a la sunda di kawasan Ancol, maka team KSO-HMP melanjutkan penelusuran jalur pipa hingga sore hari.  Malam harinya, dilakukan loading & stringing pipa ke lokasi sebanyak 2 route @ 3 pipa/route untuk segera melakukan eksekusi (line-up & tie-in welding, field joint-coating, NDT, dan backfilling) keesokan harinya. Semoga langkah kongkret yang telah dilakukan oleh team khusus lokasi KP-Ancol Proyek MKMT KSO-HMP ini bisa sukses secepat kilat bagaikan Blitzkrieg Operation-nya panzer Jerman dalam
menundukkan Polandia dan Perancis dalam PD II, hehehe...oke boss. 

Silahkan baca juga postingan sebelumnya tentang: TBM Minggu ke-2 HSE 

Santai sejenak di KP-Ancol (ki-ka: Rafiq, Fendi, Apith, Bpk H. Walid)
Foto Dokumentasi Survey KP-Ancol


No comments: