Wednesday, December 24, 2014

Fase HDD (Horizontal Directional Drilling)

Fase HDD (Horizontal Directional Drilling) Proyek MKMT KSO-HMP

 Mesin HDD Vermeer D750x900 Ardhie Nusa tadi pagi rabu
(24/12) tiba di KP-24 untuk fase HDD MKMT KSO-HMP
Proyek MKMT KSO-HMP kini telah menginjak pada Fase HDD (Horizontal Directional Drilling) yakni pengeboran horizontal secara langsung. Team HDD dari Pekanbaru pagi tadi telah sampai di lokasi KP-23 & KP-24, tempat dimana pengerjaan pengeboran HDD akan dilaksanakan kl. sepanjang 1 KM yang akan melewati sungai. Team HDD dari Adhie Nusa Pekanbaru ini menggunakan mesin bor HDD merk Vermeer D750x900 buatan Amerika Serikat.

Lalu, kenapa ada Fase HDD (Horizontal Directional Drilling)?  Pada prinsifnya, mesin HDD digunakan untuk pengeboran melalui hambatan-hambatan seperti jalan, sungai, danau,
Team HDD Ardhie Nusa Pekanbaru untuk Fase HDD MKMT
KSO-HMP di KP-23 & KP-24
taman atau bangunan, instalasi utilitas seperti kabel listrik tegangan tinggi atau menengah maupun fiber optic. Secara teoritis, HDD akan di barengi dengan geosteering service, yang tugasnya memastikan lokasi tersebut landing pada spot yang tepat sebelum lanjut ke lateral section di reservoir dari Real time geological data ( dari LWD ). Hal itu berpatokan pada marker-marker lithology dan lateral section geosteering yang berfungsi untuk memastikan borehole tetap di dalam reservoir atau tidak terlalu dekat dengan water contact.

Selanjutnya, banyak pertimbangan sebelum memulai HDD, misalnya cutting removal, mud properties dan hydraulic untuk memastikan hole cleaning yang baik, belum lagi drilling equipment yang lain. Selain di dunia migas, yg paling banyak di lakukan directional drilling company adalah aplikasi river crossing. Seperti Rig untuk pengeboran, kemampuan dari Rig HDD juga bervariasi, tergantung dari jarak dan besar pipa/casing yang akan dipasangkan, sehingga perlu diketahui tentang apa yang akan dipasang. Secara umum, HDD di Indonesia banyak menggunakan pipa / selubung dari HDPE namun dibeberapa proyek ada yang menggunakan Pipa besi dan rentan antara satu pit dengan pit yang lain adalah 150-250 meter.

Faktor lain yang mempengaruhi pekerjaan HDD adalah kondisi dari tanah (Subsurface) tempat melintasnya
Trailers pembawa mesin HDD Adhie Nusa Pekanbaru di
KP-23 & KP-24 untuk Fase HDD MKMT KSO-HMP
pipa selubung tersebut. sangat cocok untuk kondisi tanah kasar mulai dari tanah keras dan kuat-mantel Rock (cadas).

Informasi Singkat Tentang Mesin Bor Merk Vermeer D750x900 (pengeboran ekstrem)

Mesin bor HDD merk Vermeer D750x900 merupakan mesin bor HDD raksasa (giant) yang memiliki fitur dan manfaat sebagai berikut: 

1. Beroperasi secara efisien dengan torsi tinggi, motor hidrolik merk Hagglund yang memiliki daya putar dan daya dorong yang kuat, sehingga dapat menjalankan torsi dan rpm rotary secara bersamaan.

Vermeer D750x900
2. Mengurangi stres pada motor penggerak karena kotak dorong bantalan-pack (the thrust box bearing-pack) dirancang untuk menyerap beban aksial yang disebabkan oleh daya dorong dan daya mundurnya.

 3. Membantu mencegah batang bungkus atau angin (rod wrap or wind-up) karena bagian yang mengambang memungkinkan sistem breakout untuk menghambat gangguan batang penuh selama bergerak dari bawah dan atas sendi.

4. Memiliki kekuatan untuk menembus formasi tanah yang sulit dengan torsi yang lebih tinggi.

Vermeer D750X900
5. Vermeer D750x900 dikemas dengan kinerja, keandalan dan desain yang sudah terbukti unggul.

6. Vermeer D750x900 dapat mengatasi tantangan pengeboran yang sulit dan diameter yang besar.

7. Dilengkapi dengan catok atas mengambang (floating upper vise), mesin kembar Caterpillar dan unit kontrol hidrolik secara manual.

8.  Memiliki kekuatan dan daya tahan yang dapat diandalkan. Baca juga postingan sebelumnya: QA/QC Inspector & NDT.

 Team HDD Adhie Nusa Pekanbaru pada proyek MKMT KSO-HMP

1. Fadil (Supervisor)

2. Andrianto (Rigman)

3. Muhaimin (Rigman)

4. Solihin (Mud Boy)

5. Didi S. (Crane)

6. M. Bodong (Crane)

7. Sakam (Crane)

8. Farid R. (Maintenance)

9. Khelme (HDD Team)

10. Bahrudin (HDD Team)

11. Supriyadi (HDD Team)

12. Radidah (HSE)

13. Adi (Operator)

No comments: