Friday, January 16, 2015

Profil Pipe Fitter

Profil Pipe Fitter KSO-HMP

M. Aslam (Profil Pipe Fitter KSO-HMP)
Kalau wajahnya dijejerin dengan aktris Bollywood seperti Amjad Khan, Sashii Kapoor, Vinod Khana atau Shakhrukh Khan, pria ini garis wajahnya mirip dengan mereka. Kenapa? Karena pria ini seorang keturunan India kelahiran Palembang 17 Juli 1967. Siapakah dia? Dia adalah M. Aslam, merupakan salah seorang profil pipe fitter di proyek MKMT KSO-HMP ini. Meski dirinya tidak menjadi bintang film India, namun dia merasa puas dengan profesinya seperti saat ini.

Tugas dan tanggung jawab M. Aslam sebagai profil pipe fitter tidak hanya partner bagi seorang Welder (Juru las ), melainkan juga harus
bekerja sama dengan welder untuk menghasilkan pekerjaan yg berkualitas. Tugas utamanya adalah melakukan Fit-Up (penyetelan) yakni kegiatan dimana seorang Fitter (Pipe fitter ) merangkai dan menyambung bagian-bagian yg akan mengalami pengerjaan selanjutnya, yaitu sebuah proses dari Pengelasan. Berikut ini tugas dan tanggung jawab lainnya M. Aslam sebagai Pipe Fitter:

1. mengecek ketidak lurusan dari sambungan las untuk jenis pipa dan tube.
2. mengatur jarak antara sambungan.
3. Mengukur tebal-besarnya Root Face, sudut alur (Bevel).
4. Mengecek kebersihan permukaan sambungan pipa.
5. Mengecek Las ikat (Tek welnya).
6. Selalu berpedoman pada WPS.
7. melakukan bridging (cara Mengikat) yang benar.
8. Mengecek Penguat (Temporery Holding Bor ).

Pengalaman seorang Fitter/Pipe Fitter akan menentukan hasil weldingan para welder, oleh karena itu
kualitas penyetelan (Fit-Up) dan tek-weld akan mempengaruhi dari hasil pekerjaan pengelasan selanjutnya. Semua itu selalu dijalankan dengan cukup baik oleh M. Aslam. Berikut ini No. HP-nya: 085267668220. Jangan lupa baca postingan sebelumnya tentang crew Administrasi Peralatan KSO-HMP.

No comments: