Wednesday, January 21, 2015

Gauging Plate KP-21/22 KBN

Fase Gauging Plate KBN-21/22 Proyek MKMT KSO-HMP

A. Pra-Gauging Plate (Inspeksi Alat Team hydrotest)


Selasa 20 Januari 2015, sejak dinihari hingga sore dan malam hari, Jakarta diguyur hujan. Meski demikian, rencana kami untuk melakukan peninjauan Pra-Gauging Plate (Inspeksi alat subcont Hydrotest) tidaklah surut, demi suksesnya proyek MKMT yang menjadi tanggung jawab kami semua. Setelah istirahat makan siang, kami yang terdiri dari HSE Manager KSO-HMP (bpk. Dolfie Lasut Worotikan), QHSE Koordinator (sdri Kartika Lestari) dan crew HSE lainnya pergi ke lokasi gauging Plate yakni di KP-21/22 KBN.

Ketika tiba di lokasi KP-21/22 KBN, kami langsung memonitor kinerja crew subcont hydrotest. Satu demi satu dari peralatan Gauging Plate seperti pressure pump (kompressor), filling water Pump, dan accessories lainnya dicek layak-tidaknya beroperasi, terutama menyangkut asfek safety-nya. Bpk. Dolfie LW, sdri Kartika merasa puas dengan kondisi peralatan dari subcont hydrotest ini. Feasibility study ini dilanjutkan dengan setting alat untuk segera dilakukan langkah kerja Gauging Plate. Sehubungan hujan sore itu semakin deras, maka diputuskan langkah kerja Gauging Plate keesokan harinya. Keputusan ini diambil karena alasan keselamatan kerja yang menjadi prioritas utama.

Dalam fase Pra-Gauging Plate ini, yang patut diacungi jempol adalah sdri Kartika Lestari yang mau berbasah-ria demi tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Bravo KSO-HMP.

B. Fase Gauging Plate (Pra-Hydrotest KP-21/22 KBN)

Biddy Pig masuk ke pipa dalam fase Gauging Plate di Lokasi
KP-21/22 KBN
Rabu pagi pkl. 8.00 WIB, HSE Manager (bpk. Dolfie LW) telah tiba di lokasi Gauging Plate KP-21/22 KBN. Sambil menunggu kedatangan team Hydrotest, keduanya kembali mengecek semua alat dan mesin (pressure pump & filling water pump) yang telah ter-setting siap tempur. Satu jam kemudian, tiba team Hydrotest beriringan dengan team PMC yang dipimpin oleh bpk. Yousrizal dan bpk. Joko.


Pejebat Pertagas & KSO-HMP di seberang jalan 
Menurut keterangan dari team hydrotest, langkah dan tahapan Fase Gauging Plate adalah sebagai berikut:

1. Prepare alat
2. Pemasangan flat pada Biddy-Pig
3. Memasukkan Biddy Pig ke Launcher/Header Pipe.
4. Menutup rapat launcher/header pipe dengan blind flange
5. Tembak (shooting) dengan pressure pump dengan tekanan 15 psi hingga 40 psi (tergantung       hambatan yang menahan laju Biddy Pig)
6. Lihat hasilnya secara seksama. 

Demikian proses Gauging Plate (Pra-Hydrotest KP-21/22 KBN) yang fungsinya untuk membersihkan interior pipa dari material-material yang kemungkinan masuk ke dalam pipa (menurut bpk. Yousrizal/Sr. QC PMC) . Baca juga postingan sebelumnya tentang HSE Officer di website ini.


No comments: